1. MALANG
  2. PARIWISATA

Menanti wajah baru wisata di candi Sumberawan Singosari

Catat tanggalnya! Sabtu, 13 Mei 2017 bakal ada nuansa anyar di sekitar area candi Sumberawan. Penasaran?

Candi Sumberawan. ©2017 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Jum'at, 12 Mei 2017 15:06

Merdeka.com, Malang - Sempat menjadi sebuah ibukota kerajaan, Singosari menyimpan cukup banyak peninggalan sejarah. Salah satunya adalah candi Sumber Awan, atau dikenal juga dengan Candi Rawan.

Berjarak sekira 6 kilometer dari candi Singosari, candi Sumberawan ini terletak di desa Toyomarto, kabupaten Malang. Melihat bentuk bangunannya, Sumberawan ini lebih menyerupai stupa dibandingkan dengan candi. Uniknya lagi, di dalam bangunannya, tidak ditemukan ceruk untuk meletakkan sesaji seperti candi pada umumnya.

Istimewanya, di sekitar candi ditemukan sumber air yang konon bisa mendatangkan berkah. Konon, air yang mengalir dari moncong patung naga di sumber air tersebut, dapat mendatangkan kekuasaan.

Selain memiliki nilai sejarah yang kuat, lokasi candi Sumberawan ini menyimpan potensi wisata yang cukup besar. Memanfaatkan celah tersebut, sekelompok mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Brawijaya, mencoba mengkampanyekan kekayaan nilai sejarah di candi tersebut.

Berusaha menarik perhatian wisatawan, mereka mulai mempercantik kawasan di sekitar candi dengan mendirikan beberapa spot wisata baru. Sebut saja, Taman Hammock, Taman Bunga, Taman Lampion, dan lainnya.

Relauncing candi Sumberawan ini bakal digelar besok, tepatnya pada Sabtu, 13 Mei 2017. Acara relaunching ini akan mulai dibuka pada pukul 08.30 WIB. Tertarik untuk menikmati wajah baru wisata di Candi Sumberawan ini, bukan?

 

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Event
  2. Pariwisata
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA