1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Imlek, warga Malang nikmati aksi barongsai di Klenteng Eng An Kiong

Tepat di Hari Raya Imlek, masyarakat memenuhi halaman Klenteng Eng An Kiong Kota Malang, Jawa Timur.

©2018 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Sabtu, 17 Februari 2018 11:49

Merdeka.com, Malang - Tepat di Hari Raya Imlek, masyarakat memenuhi halaman Klenteng Eng An Kiong Kota Malang, Jawa Timur. Warga berdatangan guna menyaksikan perayaan di klenteng tertua di Kota Malang itu.

Memang sudah menjadi kegiatan rutin, klenteng yang dibangun tahun 1825 itu menyajikan aneka pementasan untuk masyarakat. Aneka kesenian etnis Thionghoa disajikan guna merayakan Hari Raya Imlek

Salah satu andalan yang ditawarkan adalah aksi barongsai dan liangliong. Aksi ketangkasan yang membuat penonton deg-deg plas menjadi hiburan musiman bagi masyarakat yang datang.

"Saya setiap tahun ke sini, pas Imlek. Tapi tahun kemarin terlambat sehingga tidak bisa melihat barongsainya," kata Anna Irawati di Klenteng Eng An Kiong Kota Malang, Jumat (16/2).

Anna sengaja berangkat pukul 05.00 WIB dari rumahnya di Turen, yang berjarak sekitar 30 Km. Ia berharap agar bisa mengikuti pertunjukan dari awal sampai akhir.

Selain itu, kata Anna, sekalian untuk berlibur bersama anak-anak, karena memang sedang hari libur panjang. Anna dan keluarga juga sempat berfoto dengan grup barongsai yang sengaja akan diupload di media sosial.

"Seru, tadi melihat barongsainya meloncat di tumpuan kayunya. Kan yang begini juga tidak ada di kampung," katanya.

Anna merasa, kehadirannya di Klenteng sebagian dari upayanya mengenalkan budaya orang lain. Keberagaman budaya akan membangun toleransi.

"Yang seperti ini kan mempersatukan umat beragama, walaupun muslim kita bisa menikmati barongsai," tegasnya.

Sementara pengunjung lain, Wibawa Wandira berkunjung ke klenteng untuk menghormati keluarga dan leluhurnya. Wibawa memberikan ucapan Gong Xi Fat Cai kepada para pengunjung lain yang berdatangan.

"Saya mualaf, tetapi tetap, sebagai penghormatan pada leluhur," tegas Wibawa yang sengaja tidak mengikut prosesi sembahyang tertentu.

Usai acara pementasan barongsai, selanjutnya digelar acara persembahyangan di ruang utama klenteng. Bunyi lonceng menandakan upacara segera dimulai. Secara khusyuk umat Tri Darma, yang terdiri dari Konghucu, Buddha dan Tao bersembahyang bersama.

PILIHAN EDITOR

(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Info Kota
  2. Kota Malang
  3. Hari Raya Imlek
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA