1. MALANG
  2. KABAR MALANG

HUT PGRI, Rendra harap pendidikan berbasis karakter jadi gaya hidup masyarakat

Peringati HUT ke 72 PGRI, Bupati Malang berharap pendidikan berbasis karakter dapat menjadi bagian dalam gaya hidup masyarakat.

Seminar Penguatan Pendidikan Karakter di Kabupaten Malang. ©2017 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Rabu, 08 November 2017 19:31

Merdeka.com, Malang - Bupati Malang, Rendra Kresna menyampaikan, pendidikan berbasis karakter harus menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Tak melulu seminar dan sosialisasi, namun pendidikan berbasis masyarakat ini harus dipahami dan diterapkan, baik pendidik maupun masyarakat.

Hal ini disampaikan Rendra saat menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 PGRI dan Hari Guru Nasional, Rabu (8/11). Bertempat di Gedung PGRI, acara tersebut dikemas dalam sebuah seminar bertajuk "Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah".

Sejalan dengan tema yang diusung, Rendra menyampaikan bahwa karakter merupakan sasaran kajian maupun telaah dalam dunia pendidikan. Ini tak terlepas pula dari program pemerintah yang melibatkan pendidik, penggiat pendidikan, pengamat pendidikan, maupun masyarakat secara luas.

"Kita sudah cukup bangga bahkan perlu mempublikasikan kedalam forum global, di dunia internasional Indonesia sudah terbukti mempunyai kebudayaan yang tinggi, hanya penyebutannya pendidikan yang berbasis karakter," ujarnya.

Ketua PGRI Kabupaten Malang, Dwi Sucipto menyampaikan, penyelenggaraan seminar tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan komitmen guru, dalam upaya mencerdaskan kehidupan dan pembangunan karakter bangsa. Selain itu, untuk memacu kinerja dan kedisiplinan guru dalam menjalankan tupoksinya. Hal ini mengarah pada usaha mempersiapkan Sumber Daya Manusia demi terwujudnya target Generasi Emas tahun 2045.

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) merupakan bagian dari program nawa cita pemerintah dalam bidang pendidikan yang digulirkan sejak tahun 2016 lalu. Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, pendidikan karakter pada jenjang pendidikan dasar mendapatkan porsi yang lebih besar, dibandingkan pendidikan yang mengajarkan pengetahuan. Bersumber dari pancasila, terdapat lima nilai karakter yang menjadi prioritas dalam gerakan (PPK), yakni religius, nasionalisme, integritas, kemandirian, dan kegotongroyongan.

Penguatan Pendidikan Karakter digulirkan sebagai upaya pemerintah dalam mempersiapkan Generasi Emas 2045. Gerakan ini diharapkan berperan besar dalam pembentukan generasi muda yang tangguh, cerdas, dan berkarakter.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Pendidikan
  2. Kabupaten Malang
  3. Rendra Kresna
  4. Pemkab Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA