1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Gebrakan anyar SMK Telkom, gelar kompetisi basket Se-Jawa Timur

Melebarkan sayap di dunia olahraga, SMK telkom Malang gelar kompetisi basket siswa SMP Se Jawa Timur bertajuk Moklet Basketball Cup 2017 (Moba)

Moba SMK Telkom Malang. ©2017 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Minggu, 26 Maret 2017 18:38

Merdeka.com, Malang - SMK Telkom memang cukup membahana dengan kreasi dan prestasi siswanya, khususnya yang bergerak di bidang Information Technology (IT). Tahun lalu, Tim IT sekolah yang berlokasi di Jalan Danau Ranau, Sawojajar, kota Malang ini, berhasil menyabet gelar juara pertama dalam SMK Inclusive Innovation Challenge 2016. Melalui aplikasi "Angkat In", mereka memamerkan teknologi jemuran pintar dengan memanfaatkan kemampuan sensor. Sehingga, hanya dengan memanfaatkan aplikasi dari sebuah telepon pintar, jemuran yang ada di rumah dapat dikendalikan dari jarak jauh.

Meskipun begitu, SMK Telkom ternyata tak melulu soal teknologi. Pasalnya, sekolah yang kini dipimpin oleh Hendy ini mulai melebarkan sayap dengan turut aktif dalam dunia olahraga. SMK Telkom menggelar kompetisi Basket siswa SMP se Jawa Timur bertajuk Moklet Basket Ball Cup (MOBA) 2017.

Kepala Sekolah SMK Telkom, Hendy Adriyanto
© 2017 merdeka.com/Siti Rutmawati

Kepala Sekolah SMK Telkom, Hendy Adriyanto mengaku, sejak berdiri 25 tahun silam, ini merupakan kali pertama bagi sekolahnya menggelar pertandingan basket tersebut. Ia menilai, basket merupakan olahraga yang mampu mendongkrak IQ, disiplin, sekaligus melatih siswa menjalin kerjasama tim yang baik. Alasan itulah yang membuat ia memberanikan diri, dengan menggandeng guru-guru dan siswanya untuk menggelar ajang kompetisi olahraga yang akan berlangsung hingga 23 April 2017 mendatang ini.

"Dengan basket adalah anak-anak yang memiliki disiplin, IQ tinggi, terus anak-anak yang punya kemampuan teamwork yang baik. Hal ini yang mendasari kami pilih basket," terang Hendy, Sabtu (25/3).

Selain itu, Hendy menilai bahwa pertandingan basket ini merupakan bagian dari sebuah pembelajaran bagi siswa untuk mengelola start-up. Mengingat, sekolah yang dipimpinnya itu mendorong siswanya untuk berkembang di dunia enterpreuneur. "Ini bagian dari pengelolaan di startup. Selain di bidang IT, harus ditambahkan bagaimana mereka mengelola enterpreneur. Ini bagian dari pengelolaan olahraga, enterpreneur dan kemandirian, jadi satu," tambahnya.

Moba SMK Telkom
© 2017 merdeka.com/Siti Rutmawati

Perhelatan Moba ini akan berlangsung hingga 23 April mendatang. Tepatnya, pertandingan akan dihelat pada akhir pekan di setiap minggu, hingga menjelang Grand Final pada 23 April 2017 nanti. Kompetisi yang melibatkan 14 sekolah ini, akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp 15 juta rupiah. Peserta terdiri dari 12 tim putra dan 4 tim putri yang berasal dari beberapa daerah di Jawa Timur. Sebut saja, Tulungagung, Pasuruan, Lumajang, Blitar, kota Malang dan kabupaten Malang.

Hendy menuturkan, ajang kompetisi basket ini rencananya bakal menjadi agenda tahunan. Bahkan, tak menutup kemungkinan bahwa kompetisi tersebut bakal melebar ke wilayah Bali, dan Jawa Tengah.

"Mimpi saya adalah, akan bergeser (Pen: Moba) ke Jawa Timur-Bali, kemudian bergeser lagi ke Jawa Tengah-Jawa Timur-Bali. Saya berharap ini akan jadi agenda tahunan," tandasnya.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Olahraga
  2. Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA