1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Dipimpin Wapres JK, KH Hasyim Muzadi dimakamkan di tempat semula

Prosesi pemakaman KH Hasyim Muzadi dipimpin oleh Wapres Jusuf Kalla di tempat semula sesuai dengan wasiat.

Proses pemakaman KH Hasyim Muzadi © 2017 merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman. ©2017 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Kamis, 16 Maret 2017 18:56

Merdeka.com, Malang - Wakil Presiden JusuF Kalla (JK) memimpin upacara kenegaraan dalam prosesi pemakaman jenazah KH Hasyim Muzadi. Dilansir dari Merdeka.com, setelah jasad Kiai Hasyim tiba di kompleks Pondok Pesantren Al Hikam Depok, Jawa Barat, dilakukan upacara kenegaraan dengan JK sebagai pemimpin upacara.

Sebelum dilakukan proses pemakanan, JK terlebih dahulu menyampaikan sambutannya mewakili pemerintah. Dia sempat membacakan secara singkat riwayat Kiai Hasyim. Dalam sambutan singkat tersebut, tak lupa JK menyampaikan duka mendalam atas kepergian mantan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden itu.

Usai sambutan, jasad Kiai Hasyim dimasukkan ke liang lahat secara perlahan. Ribuan pelayat yang hadir di tempat tersebut juga tak henti-henti melafalkan shalawat dan mengucapkan takbir, mengantarkan kepergian Kiai Hasyim.

Proses pemakaman KH Hasyim Muzadi
© 2017 merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Sesuai rencana, jenazah KH Hasyim Muzadi tetap dimakamkan di tempat pertama yaitu di samping Sekolah Tinggi Kulliyatul Quran (STKQ). Tempat ini adalah permintaan terakhir almarhum sebelum wafat.

Sebelumnya, sempat muncul mata air di lokasi ini sehingga disiapkan tempat alternatif di bagian depan masjid. Namun pada akhirnya diputuskan jenazah dimakamkan di lokasi awal.

Dalam proses pemakaman ini, pasukan dibantu oleh sejumlah santri serta dari pihak keluarga. Pada akhir prosesi, keluarga menaburkan bunga dengan disertai nyanyian Gugur Bunga.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Hasyim Muzadi meninggal dunia
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA