1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Berselimut duka, lantunan Al-Quran sambut jenazah KH Hasyim

Warga Depok menanti kedatangan jenazah KH Hasyim dengan lantunan Al-Qur'an. Jenazah KH Hasyim baru saja tiba di Bandara Halim Perdanakusuma.

©2017 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Kamis, 16 Maret 2017 15:29

Merdeka.com, Malang - Berpulangnya KH Hasyim Muzadi spontan memberikan duka yang mendalam bagi masyarakat, khususnya warga Nahdiliyin. Sempat dirawat beberapa kali di rumah sakit Lavalette kota Malang, KH Hasyim menghembuskan napas terakhir Kamis (16/3) di Pondok Pesantren Al-Hikam, kota Malang.

Jenazah KH Hasyim akan dimakamkan di Pondok Pesantren Al Hikam Depok, Jawa Barat. Jenazah KH Hasyim Muzadi tiba di Bandara Halim Perdanakusuma sekitar pukul 14.50 WIB. Selanjutnya upacara penyerahan jenazah dari pihak keluarga ke negara dilakukan di Halim Perdanakusuma. Mensesneg Pratikno menjadi inspektur upacara. Pihak keluarga pun memberikan jenazah kepada negara.

Pantauan merdeka.com, Kamis (16/3) sejumlah pejabat turut hadir ke Bandara Halim Perdanakusuma. Yakni, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Gubernur DKI dan Wakil Gubernur DKI nonaktif Basuki Tjahaja Purnama, Djarot Saiful Hidayat, Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan, Ketum PPP Romahurmuziy, Mendagri Tjahjo Kumolo, Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan pejabat lainnya.

Sementara itu, di lokasi Masjid Al-Hikam Depok, lantunan ayat suci Al-Quran dikumandangkan panitia sembari menanti datangnya jenazah sang Kiayi. Warga pondok pesantren Al Hikam Depok dan juga jajaran kepolisian dan TNI, hingga saat ini masih menunggu datangnya jenazah KH. Hasyim. Jenazah telah diberangkatkan dari kota Malang pukul 13.00 WIB tadi.

Rencananya, prosesi pemakaman akan dipimpin Wapres Jusuf Kalla. Sehari sebelumnya, Hasyim sempat dibesuk Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara, Iriana Widodo serta putranya Kaesang Pangarep, di kediaman Hasyim di Jalan Cengger Ayam, kota Malang.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Hasyim Muzadi meninggal dunia
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA