1. MALANG
  2. AREMANIA

Semua tim Liga 1 dianggap tidak bakal mendapat lisensi AFC

Manajer Madura United, Haruna Sumitro menjamin bahwa tidak ada satu pun klub peserta Liga 1 yang memenuhi syarat untuk mendapatkan lisensi AFC.

©2017 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Selasa, 17 Oktober 2017 15:50

Merdeka.com, Malang - Manajer Madura United, Haruna Sumitro buka suara terkait kabar mengenai tidak lolosnya beberapa klub baru dalam verifikasi lisensi AFC sebagai pra syarat mengikuti kompetisi level Asia. Dilansir dari Bola.net, salah satu dari klub ini adalah Madura United.

Pria yang menjabat sebagai manajer Madura United ini menampik adanya tudingan tersebut. Mantan Ketua Pengprov PSSI Jawa Timur ini menjamin bahwa tidak ada satu pun klub peserta Liga 1 yang memenuhi syarat untuk mendapatkan lisensi AFC.

"Ada pemahaman yang keliru, bahkan mungkin beberapa media sudah terlanjur meng-endorse berita bahwa tim-tim baru, Bali United, Madura dan Bhayangkara tidak lolos dalam verifikasi lisensi AFC," ungkap Haruna Sumitro.

"Perlu saya klarifikasi bahwa saya menjamin, saya berani bertaruh bahwa tidak satu pun dari 18 tim itu memenuhi syarat lisensi yang ditetapkan oleh AFC. Jadi jangan kemudian tim baru diberitakan bahwa tidak memenuhi syarat," sambungnya.

Haruna mengatakan bahwa tidak hanya klub baru di Liga 1 saja, namun semua klub di kompetisi ini tidak bakal memenuhi syarat untuk lisensi AFC. Oleh karena itu dia menilai tidak bakal ada klub yang bisa ikut Liga Champions Asia atau pun AFC Cup.

"Kalau secara normatif, pasti tidak ada satu pun klub di hasil kompetisi ini yang bisa ikut Liga Champions Asia atau pun AFC Cup?," tegasnya.

Lebih lanjut, Haruna menilai perlu adanya langkah kongkret dari operator liga dan PSSI untuk memberikan pendampingan kepada klub dalam perjuangannya mendapat lisensi AFC itu. Dengan upaya seperti ini, baru dia menganggap bakal ada klub yang bisa lolos mendapatkan lisensi AFC.

"Menurut saya dalam peristiwa ini, harusnya adalah liga maupun federasi melakukan pendampingan, melakukan asistensi, melakukan advokasi untuk meloloskan atau membantu klub punya kemampuan meloloskan lisensi itu," tandasnya.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Olahraga
  2. Liga 1
  3. Sepakbola
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA