1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Walikota Anton: Kegiatan Pramuka harus menarik anak muda

Walikota Malang, Moch Anton mengungkapkan, Anggota Pramuka harus didorong untuk mengaktualisasi bakat dan minatnya.

©2016 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Kamis, 07 April 2016 08:22

Merdeka.com, Malang - Kegiatan gerakan Pramuka harus bisa menarik minat para anak-anak muda. Karena Pramuka dinilai berperan positif dalam pembangunan karakter dan masalah sosial lainnya.

Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka yang juga Walikota Malang, Moch Anton mengungkapkan, Anggota Pramuka harus didorong untuk mengaktualisasi bakat dan minatnya. Lewat kegiatan-kegiatannya, anggota Pramuka akan menemukan jati diri dan semakin kreatif.

"Kegiatan Pramuka harus menarik anak muda, karena ajang seperti ini bisa memupuk prestasi, bakatnya semakin berkembang, dan mampu menjaga kekompakan," kata Anton dalam Pembukaan Indonesia Scouts Challenge (ISC) 2015-2016 di Lapangan Rampal, Rabu (6/4) malam.

Anton mengapresiasi ISC, yang nantinya akan berdampak positif pada perkembangan para anggota Pramuka, khususnya di Kota Malang. Apalagi tahun lalu, Kota Malang mendapat prestasi dari ajang yang sama, sehingga bisa mengirimkan wakilnya ke Amerika Serikat.

Pembukaan Indonesia Scouts Challenge (ISC) 2015-2016
© 2016 merdeka.com/Istimewa


ISC sendiri adalah perkemahan inovatif yang digagas oleh DBL Surabaya. Tahun lalu diikuti 178 ribu peserta, dan ditargetkan 188 ribu peserta bergabung pada tahun ini.

Peserta ISC diharapkan mampu menjadi contoh bagi anggota Pramuka lain di sekolah masing-masing yang belum memiliki kesempatan mengikuti. Serta membekali diri dengan kewajiban dan kemampuan bersosialisasi yang baik pada masyarakat.

Selain itu juga harus memiliki kemampuan tinggi dan memupuk jiwa kompetitor yang sehat. Sehingga akan bisa bersaing dalam perkembangan zaman.

"Pramuka harus bisa memanfaatkan teknologi karena saat ini kita hidup dalam generasi siber," katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf, meminta para anggota Pramuka menjadi contoh bagi saudara dan masyarakat sekitar. Keberadaannya harus bermanfaat bagi lingkungan dan dirinya sendiri.

"Para anggota Pramuka harus bisa jadi orang yang sukses dan punya jati diri," kata Gus Ipul.

Kepada para siswa sekolah dasar yang didampingi wali muridnya, Gus Ipul memberikan wejangan bahaya akan kekerasan seksual yang dialami anak-anak. Angkanya sudah memprihatinkan, sehingga lewat gerakan Pramuka semua itu dapat ditekan.

"Pramuka merupakan kawah candradimuka, tempat pemuda Indonesia ditempa," tandasnya.

Selain Wakil Gubernur Syaifullah Yusuf dan Walikota Moch Anton, tampak hadir Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Sumardi, Bupati Malang Rendra Kresna dan beberapa tokoh lain.

Reporter: Darmadi Sasongko

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Abah Anton
  2. Event
  3. Peristiwa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA