1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Sutiaji: Pancasila Harus Selalu Hadir di Setiap Sudut Kehidupan

Upacara tahun ini juga diramaikan ASN dari luar Pemkot Malang yang ikut serta atas anjuran dari Pemerintah Pusat & kecintaannya pada Pancasila.

Walikota Sutiaji dalam Upacara Hari Pancasila 2019. ©2019 Merdeka.com Reporter : Zain M | Contributor : Darmadi Sasongko | Sabtu, 01 Juni 2019 16:26

Merdeka.com, Malang - Hari ini, Sabtu (1/6) digelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, termasuk di Lingkungan Pemerintah Kota Malang. Upacara digelar di Halaman Balaikota dengan Walikota Sutiaji bertindak sebagai inspektur upacara.

Walikota Malang Sutiaji dalam sambutannya mengatakan, Pancasila merupakan falsafah dan dasar negara yang terbukti kokoh sebagai fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Tugas dan tanggung jawab seluruh generasi bangsa untuk memastikan Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan, hati dan pikiran.

"Saat ini tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan, serta hati dan pikiran kita. Pada peringatan hari lahir Pancasila di tahun 2019 ini, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi," ujar Sutiaji di Halaman Balaikota Malang, Sabtu (1/5).

Peringatan hari lahir Pancasila harus dimanfaatkan sebagai momentum pengingat pemacu, dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

Walikota Sutiaji dalam Upacara Hari Pancasila 2019
© 2019 merdeka.com/Darmadi Sasongko

 

Kata Sutiaji, semangat berbagi antar anak bangsa demi kesejahteraan dan kemajuan bersama juga harus menjadi semangat yang terus dipupuk. Gotong royong yang merupakan budaya luhur bangsa juga harus terus menjadi sumber energi besar demi menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Bermodal semangat dan energi kebersamaan akan mengantarkan kemenangan dalam persaingan dan kompetisi.

"Kita harus percaya diri dan berani bersaing dalam kehidupan dunia yang semakin terbuka dan kompetitif. Kita harus memperkokoh kekuatan kolektif bangsa dan tidak boleh menghambur-hamburkan energi dalam perselisihan dan perpecahan," katanya.

Walikota Sutiaji juga memberikan apresiasi kepada ASN dari luar Pemkot Malang yang ikut serta pada upacara peringatan kali ini. Selain anjuran dari Pemerintah Pusat, kehadiran mereka pada upacara kali ini merupakan bentuk kecintaannya pada Indonesia khususnya Pancasila.

Seluruh ASN diwajibkan ikut serta pada upacara sebagai bentuk kebersamaan dan wujud pengamalan nilai-nilai luhur Pancasila dan memupuk patriotisme dalam jiwa. Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam mensukseskan pembangunan di Kota Malang.

Upacara Hari Lahir Pancasila dihadiri Forkopimda Kota Malang, Wakil Walikota, Sekretaris Daerah, DPRD, TNI/ Polri serta Kepala OPD di Pemerintah Kota.

(ZM) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Pemkot Malang
  2. Walikota Sutiaji
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA