1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Sambut Ramadan, Rumah Zakat gelar Khataman Al-Quran di 28 kota

Sambut Ramadan 1438 H, Rumah zakat gelar Tarhib Ramadan yang diselenggarakan secara serentak di 28 kota, Minggu (21/5).

Rumah Zakat gelar Khataman Al-Quran di 28 kota. ©2017 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Senin, 22 Mei 2017 17:07

Merdeka.com, Malang - Dalam rangka menyambut Ramadan 1438 H, Rumah Zakat menggelar acara Tarhib Ramadan yang diselenggarakan secara serentak di 28 kota. Yakni Bandung, Jakarta, Aceh, Balikpapan, Bandar Lampung, Banjarmasin, Batam, Bekasi, Bogor, Cilegon, Cimahi, Cirebon, Depok, Jayapura, Makassar, Malang, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Pontianak, Samarinda, Semarang, Solo, Surabaya, Tangerang, Yogyakarta dan Kediri, Minggu (21/5)

"Sekitar 5 hari lagi kita akan bertemu dengan bulan Ramadan, karena itu Rumah Zakat ingin mengajak masyarakat untuk menyambutnya dengan penuh suka cita melalui beragam kegiatan, seperti pawai Ramadan, khataman Quran, cek kesehatan gratis dan pembagian jadwal imsakiyah Ramadan," jelas Nur Efendi, CEO Rumah Zakat, melalui pernyataan resminya, Minggu (21/5).

Rumah Zakat gelar Khataman Al-Quran di 28 Kota
© 2017 merdeka.com/Istimewa

Ramadan disebut juga Syahrul Quran atau Bulan Al-Quran, sebab di bulan inilah Al-Quran diturunkan. Karenanya, aktivitas membaca Al-Quran menjadi salah satu amalan utama di bulan Ramadan.

"Untuk memulai pembiasaan membaca Al-Quran, Rumah Zakat menjadikan kegiatan khataman Al-Quran sebagai inti kegiatan tarhib Ramadan 1438 H. Rumah Zakat mentargetkan Khataman Al-Quran ini diikuti oleh 10.000 orang di seluruh Indonesia yang terdiri dari anak-anak penerima beasiswa Juara, member usaha binaan Rumah Zakat, para relawan dan masyarakat umum," imbuhnya.

Di Malang sendiri, kegiatan Tarhib Ramadan dimulai dengan acara Pawai Karnaval Ramadan. Start dan finish berada di kawasan Car Free Day di Jalan Ijen dan dilanjut dengan khataman Al-Quran.

"Penyelenggaraan acara Tarhib Ramadan di kota Malang ini, sebagai wujud kegembiraan kami dalam menyambut bulan suci Ramadan. Pembacaan khataman Al Quran bersama anak-anak binaan Rumah Zakat menjadi awal untuk meningkatkan ibadah dan terus berbagi menyebarkan semangat kebaikan di bulan suci Ramadan," tutur Aditya Evan, Branch Manager Rumah Zakat cabang Malang.

Untuk mendukung aktivitas membaca Al-Quran yang meningkat di masyarakat saat bulan Ramadan, Rumah Zakat menggulirkan program Syiar Quran, yaitu paket Iqro dan Al-Quran yang akan didistribusikan di berbagai wilayah di Indonesia, terutama daerah perkotaan dan pedesaan yang minim fasilitas Al-Quran.

"Di tahun ini, Rumah Zakat akan mendistribusikan 9.307 paket Syiar Quran yang akan disebar di 100 lokasi di seluruh Indonesia. Harapannya, masyarakat dapat semakin termotivasi membaca Al-Quran di bulan Ramadan dengan adanya fasilitas Al-Quran baru," tandas Nur Efendi.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Seputar Ramadan
  2. Kota Malang
  3. Ramadan 2017
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA