1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Pendampingan UMKM PKK pelopor gerakan perempuan peduli ekonomi

Kemenko Bidang Perekonomian menilai program pendampingan UMKM oleh PKK Kota Malang patut menjadi pelopor gerakan perempuan peduli ekonomi.

Pendampingan UMKM PKK Kota Malang. ©2017 Merdeka.com Editor : Siti Rutmawati | Contributor : Darmadi Sasongko | Rabu, 10 Mei 2017 10:11

Merdeka.com, Malang - Kementrian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian menilai program pendampingan UMKM oleh PKK Kota Malang patut menjadi pelopor gerakan perempuan peduli ekonomi. Karena itu, Kementrian di bawah Darmin Nasution itu mengundang sekaligus memberikan asistensi kepada UMKM di Kota Malang.

Kepala Bagian Perekonomian Kota Malang, Rinawati mengatakan, undangan tersebut merupakan tindaklanjut dari kunjungan Kemenko Perekonomian Maret 2017 lalu. Saat itu disampaikan ketertarikannya pada program kerja PKK Kota Malang.

"Ketertarikan Kemenko pada mengembangkan home industri atau produk rumah tangga, serta kemandirian pangan melalui gerakan menanam (urban farming). Itu yang membuat Kementerian mengundang dan ke depannya berupaya memfasilitasi peningkatan kualitas produk sesuai standar mutu ISO," jelas Rinawati, Selasa (9/5).

Langkah awal yang ditempuh Kemenko Perekonomian adalah mengundang Pemkot Malang, PKK dan UMKM untuk mendapatkan gambaran sekaligus mengetahui proses uji laboratorium produk oleh PT Tuv Nord Indonesia.

Pendampingan UMKM PKK Kota Malang
© 2017 merdeka.com/Humas Pemkot Malang

PT Tuv Nord Indonesia Laboratory Services sendiri adalah sebuah lembaga penyedia jasa sertifikasi kelayakan produk UMKM, khususnya quality hiegine produk makanan. Perusahaan tersebut berlokasi di kawasan industri Jababeka Kota Bekasi, Jawa Barat, dan mitra kerja Kementerian Koordinator Perekonomian.

Herdiansyah, General Manajer PT. Nuv Nord Indonesia menyatakan, pihaknya siap bermitra dalam rangka meningkatkan kualitas produk industri rumah tangga di Kota Malang. Pihaknya selama ini telah melakukan pengujian produk pangan, kesehatan, hingga produk perawatan tubuh.

"Nuv Nord akan segera menyusun program kerja bersama Kemenko RI untuk mengembangkan program di Indonesia," ujar Herdiansyah.

Sementara, Asisten Deputi Moneter dan Neraca Pembayaran Kemenko, Edi Priyo Pambudi menegaskan gerakan PKK dalam pemberdayaan perempuan serta perekonomian daerah dinilai mampu menjadi pelopor untuk gerakan yang sama di daerah lain. Gerakan ini akan efektif dan memberikan dampak signifikan jika dilakukan dengan profesional serta berkelanjutan.

PILIHAN EDITOR

(SR) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Info Kota
  2. Perempuan
  3. Ngalam Kipa
  4. Ekonomi
  5. Kota Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA