1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Kembangkan pariwisata, Pemkab Malang perhatikan kearifan lokal

Kedatangan wisatawan di kabupaten Malang merupakan peluang bagi masyarakat setempat untuk meningkatkan perekonomiannya.

©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Rabu, 11 Oktober 2017 08:21

Merdeka.com, Malang - Wakil Bupati Malang, Sanusi menyampaikan, masyarakat dapat turut andil dalam pengembangan potensi wisata daerah di kabupaten Malang. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan sumber daya maupun kearifan lokal di daerah tersebut. Dengan adanya dukungan keindahan alam, sumber daya, dan masyarakat, kabupaten Malang diharapkan dapat menjadi tujuan wisata internasional.

Sanusi menambahkan, kemajuan pariwisata dapat memicu perkembangan indeks ekonomi masyarakat. Kedatangan wisatawan di kabupaten Malang merupakan peluang bagi masyarakat setempat untuk meningkatkan perekonomiannya. Terlebih, kabupaten Malang mendapat imbas positif dari penetapan kawasan Bromo Tengger Semeru sebagai 10 destinasi nasional. Mengingat, wilayah kabupaten Malang menjadi salah satu gerbang masuk menuju kawasan tersebut.

"Semakin banyak wisatawan yang masuk ke Kabupaten Malang maka akan memicu indek perkembangan dari ekonomi bagi masyarakat. Presiden Indonesia sendiri menetapkan Kabupaten Malang menjadi salah satu dari 10 kawasan wisata nasional. Maka akan mudah terhitung berapa perputaran pendapatan masyarakat dan pemerintah secara perekonomian dengan hadirnya para wisatawan," papar Sanusi.

Hal itu disampaikan Sanusi, saat menjadi narasumber dalam acara diskusi Take Leader di Universitas Raden Rahmad (Unira), Selasa (10/10). Mengusung tema "Tata Kelola Sumber Daya Lokal dalam Pembangunan Daerah", acara tersebut juga menghadirkan Duta Besar (Dubes) Republik Ceko, Ivan Hotek, dan Rektor Unira, Hasan Abadi.

Dubes Republik Ceko, Ivan Hotek menuturkan, kabupaten Malang memiliki kekayaan potensi wisata alam, dan mampu menjadi destinasi wisata yang menarik. "Terutama pantainya yang beragam dengan jumlah yang cukup banyak dan pemandangan alam yang indah. Belum juga, kawasan wisata Bromo Tengger Semeru yang bisa diakses juga dari wilayah Kabupaten Malang," ujarnya.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Kabupaten Malang
  2. Pariwisata
  3. Pemkab Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA