1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Jangan panik! Ini 5 strategi bertahan saat gempa mengguncang

Lima strategi ini bantu berikan cara berlindung di kala gempa mengguncang.

©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Sabtu, 19 November 2016 16:07

Merdeka.com, Malang - Malang Raya sempat diguncang gempa berkekuatan 6,2 skala richter, Rabu (16/11), sekitar pukul 22.10 WIB. Gempa yang terjadi pada jam menjelang tidur itu, spontan membuat panik masyarakat Malang Raya dan sekitarnya.

Kerusakan ringan bahkan terjadi di kecamatan Pegelaran dan Sumbermanjing Wetan, kabupaten Malang. Mengingat, lokasi pusat gempa berjarak 127 KM di Tenggara kabupaten Malang. Sekitar 12 laporan yang menyatakan kerusakan ringan akibat gempa tersebut.

Kemunculan gempa memang cukup sulit diprediksi. Kemunculannya yang tiba-tiba tentu memerlukan kewaspadaan tinggi untuk mencegah terjadinya hal-hal yang diinginkan. Salah satu hal yang penting untuk diketahui adalah strategi bertahan di kala gempa sedang mengguncang. Dilansir dari geology.com, berikut lima strategi bertahan saat gempa sedang berguncang.

1. Jika sedang berada dalam ruangan saat gempa, maka jangan mencoba keluar. Sebaiknya, mencari lokasi yang aman untuk berlindung, seperti di bawah meja yang kuat (bukan meja kaca), atau di sepanjang dinding interior yang kuat. Tujuannya adalah untuk melindungi diri dari benda yang jatuh, dan berada di titik-titik struktural yang kuat dari ruangan tersebut.

2. Jangan berlindung dekat jendela, cermin besar, objek-objek yang tergantung, furnitur berat, peralatan berat atau perapian.

3. Jika sedang memasak, matikan kompor dan berlindung.

4. Jika sedang berada di luar ruangan saat gempa, pindah ke daerah terbuka, di mana benda jatuh tidak akan menyerangmu. Menjauhlah dari bangunan, kabel listrik, dan pohon.

5. Jika sedang mengemudi saat gempa, jangan berhenti mendadak. Usahan mengurangi kecepatan perlahan sambil mencari lokasi berhenti di sisi jalan yang aman. Jangan berhenti di atas atau di bawah jembatan layang, atau di bawah tiang listrik. Jangan pula berhenti di bawah pohon atau benda-benda besar. Usahakan untuk tetap berada dalam mobil.

Strategi ini tidak akan membuat kamu menjadi seorang ahli dalam bertahan saat gempa. Namun, strategi ini akan membantu memberikan pedoman untuk berlindung, selama gempa mengguncang.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Tips
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA