1. MALANG
  2. KABAR MALANG

HUT ke-102, Kota Malang gelar Otonomi Award Lurah dan Camat

Kota Malang menyambut hari ulang tahunnya ke-102 menggelar Otonomi Award Lurah dan Camat 2016 di Graha Cakrawala UM.

©2016 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Sabtu, 02 April 2016 11:18

Merdeka.com, Malang - Kota Malang menyambut hari ulang tahunnya ke-102 menggelar Otonomi Award Lurah dan Camat 2016. Penghargaan diberikan kepada kelurahan dan kecamatan yang telah berkontribusi menelurkan prestasi-prestasinya.

Puncak penganugerahan Otonomi Award Lurah dan Camat digelar dalam sebuah prosesi di Gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM) Jumat (1/3) malam. Kelurahan Kasin terpilih sebagai kelurahan terbaik dan Kecamatan Blimbing menjadi Kecamatan terbaik.

Wali Kota Malang, Moch Anton mengungkapkan, perhelatan otonomi awards tercetus atas gagasan melihat banyaknya potensi ekonomi di kelurahan dan kecamatan. Lewat penghargaan tersebut semakin membangun kreativitas dan iklim persaingan pembangunan.

"Karena itulah muncul gagasan otonomi awards agar bagaimana bisa mengangkat potensi mereka menuju ekonomi kreatif," kata Anton, Jumat (1/3) malam.

Anton menambahkan dalam membangun kota membutuhkan peran serta masyarakat dan seluruh elemen. Kolaborasi potensi masyarakat akan memberikan guna dan manfaat dalam proses mensejahterakan masyarakat.

Anton mencontohkan, Kelurahan Tlogomas pernah ditetapkan sebagai kelurahan terbaik pada tahun 2014 dalam ajang otonomi awards. Kelurahan tersebut kemudian bisa menyabet kelurahan terbaik nasional pada tahun yang sama.

"Semangat bersama lurah dan camat membawa hasil yang sangat luar biasa," tegasnya.

Anton juga mengungkapkan momen ulang tahun Kota Malang saat ini cukup istimewa karena Malang mendapat kehormatan menjadi tuan rumah Indonesia Creative Cities Conference (ICCC) 2016. Sebanyak 17 Kota dan 13 Kabupaten se-Indonesia mengikuti acara yang berlangsung 31 Maret -  5 April 2016.

ICCC sendiri didesain untuk mendorong iklim kondusif bagi perkembangan industri kreatif di Indonesia. Forum menjadi ajang pertemuan pemerintah, pelaku bisnis industri kreatif dan akademisi. Lewat ICCC 2016 juga dirumuskan panduan kota kreatif.

Anton berharap agar konsep Otonomi Awards ini bisa ditiru oleh Kota/Kabupaten lain. Karena hasil program itu selama dirasa jelas dan sangat bermanfaat. Sementara tampak hadir Bupati Jember dan Wakil Walikota Padang Panjang.

Sekertaris Daerah Kota Malang, Cipto Wiyono mengungkapkan tujuan Otonomi Award Lurah dan Camat ini untuk menumbuhkan ide-ide kreatif. Ide tersebut selanjutnya akan semakin tereksplorasi untuk menuju kota cerdas (smart city).

"Acara yang diikuti 57 Kelurahan dan 5 Kecamatan itu pun bertema transformasi Malang menuju smart city," katanya.

Sementara, Deputi Pengembangan Pariwisata Kementerian Pariwisata, Ni Wayan Giri Adnyani mengapreasiasi adanya otonomi award. Karena nantinya dapat tercipta sinergisitas antara masyarakat dan pemerintah, serta bisa dicontoh oleh daerah lain.

"Pariwisata yang benar adalah dari masyarakat oleh masyarakat dan hasilnya adalah untuk masyarakat," kata Ni Wayan.

Selain Kelurahan Kasin sebagai juara pertama, Kelurahan Purwantoro dinobatkan sebagai Kelurahan terbaik kedua disusul Kelurahan Tasikmadu menempati urutan ketiga. Sementara Kecamatan Blimbing menjadi yang terbaik disusul Kecamatan Sukun.

Penghargaan juga diberikan kepada Kelurahan lain berdasarkan Kategori, yakni Kelurahan Blimbing (Kategori Pendidikan), Kelurahan Purwantoro (Kategori Kesehatan), Kelurahan Cemoro Kandang (Kategori Ekonomi Masyarakat), Kelurahan Kasin (Kategori Keamanan dan Ketertiban), Kelurahan Bandungrejo (Kategori Lembaga Masyarakat), Kelurahan Bunulrejo (Kategori PKK), Kelurahan Tasikmadu (Kategori Partisipasi Masyarakat) dan (Kelurahan Sukun (Kategori Pemerintahan).

Reporter: Darmadi Sasongko

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Abah Anton
  2. Info Kota
  3. Peristiwa
  4. Event
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA