1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Dua Hercules TNI AU dari Malang dikirimkan ke Pidie Jaya

Emban misi kemanusiaan, 2 pesawat Hercules TNI AU dari Skadron Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh Malang dikirim ke Pidie Jaya, Aceh.

©2016 Merdeka.com Editor : Siti Rutmawati | Contributor : Darmadi Sasongko | Jum'at, 09 Desember 2016 12:07

Merdeka.com, Malang - Dua pesawat TNI Angkatan Udara (AU) jenis Hercules dari Skadron Udara 2 Lapangan Udara Abdulrachman Saleh Malang dikirimkan ke Pidie Jaya, Aceh. Pesawat bergabung di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, untuk mengemban misi kemanusiaan.

Pesawat Herky, sebutan Hercules bernomor A-1335, diterbangkan Mayor Pnb Marlon Kawer dan Kapten PNB Bintoro. Sedangkan pesawat bernomor A-1316 diawaki Mayor Pnb Bandung dan Kapten Pnb Aris.

"Pesawat bertolak ke Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta Rabu (7/12) Pukul 14.55 WIB guna mendukung pergeseran personel TNI dalam rangka membantu korban gempa di daerah Pidie Jaya," kata Kol Pnb Hermawan Widhianto, Kadisops Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Kamis (8/12).

Hercules TNI AU dari Malang dikirimkan ke Pidie Jaya
© 2016 merdeka.com/Darmadi Sasongko

Selain pergeseran Personel TNI (Yonkes dan Marinir), juga membawa wartawan dan personel lain berjumlah sekitar 160 orang. Pesawat juga membawa bantuan sosial berupa obat-obatan, dukungan logistik dan tenda.

"Pesawat dari Abdulrachman Saleh akan stand by di Lanud Iskandar Muda Aceh sampai ada perintah lebih lanjut," tegasnya.

Lanud Abdulrachman Saleh dalam posisi siap jika datang perintah untuk mengirim bantuan ke Aceh. Pihaknya dalam kondisi selalu siap menghadapi perubahan situasi dalam beberapa hari ke depan.

Gempa berkekuatan 6,5 SR dengan kedalaman 10 Km mengguncang Aceh. Sebanyak 12.560 rumah dan 49 masjid di Pidie Jaya rusak.

Data BNPB mencatat sedikitnya 102 orang tewas, satu orang hilang, 136 orang luka berat, 616 orang luka ringan, dan 3.276 orang mengungsi.

PILIHAN EDITOR

(SR) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Peristiwa
  2. Sosial
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA