1. MALANG
  2. KABAR MALANG

40 Saksi telah diperiksa terkait kasus suap Wali Kota Batu

KPK hingga saat ini telah memeriksa 40 saksi dalam penyidikan tindak pidana korupsi suap di Pemerintah Kota Batu tahun 2017.

©2017 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Kamis, 02 November 2017 11:01

Merdeka.com, Malang - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga saat ini telah memeriksa 40 saksi dalam penyidikan tindak pidana korupsi suap terkait pengadaan barang dan jasa di Pemerintah Kota Batu tahun 2017. Dilansir dari Antara, hal ini diungkapkan oleh Juru Bicara KPK, Febri Diansyah.

"Hingga hari ini total 40 saksi telah diperiksa terkait kasus di Pemkot Batu," jelas Febri.

Febri menyebutkan bahwa saksi yang dipanggil terdiri dari banyak elemen. Terdapat dosen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya, Wakil Wali Kota Batu atau Plt Wali Kota Batu, Komisaris Utama PT Agit Perkasa, dan pegawai PT Dailbana Prima Indonesia.

"Selanjutnya, Kadis Pekerjaan Umum Bina Marga, staf Bank Rakyat Indonesia (BRI) Malang, manajemen Hotel Ijen Suites, dan unsur swasta lainnya," ujarnya.

Untuk kasus ini sendiri, KPK telah menerapkan tiga tersangkan. Dari pihak pemberi terdapat pengusaha Filipus Djap, sedangkan sebagai penerima terdapat Wali Kota Batu nonaktif Eddy Rumpoko dan Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan Pemkot Batu Edi Setyawan.

Pengungkapan kasus ini sendiri menyusul operasi tangkap tangan (OTT) pada Sabtu (16/9). Pada saat itu tim KPK mengamankan total uang sebesar Rp300 juta.

Pemberian uang itu diduga terkait fee 10 persen untuk Eddy Rumpoko dari proyek belanja modal dan mesin pengadaan meubelair di Pemkot Batu Tahun Anggaran 2017 yang dimenangkan PT Dailbana Prima dengan nilai proyek Rp5,26 miliar.

Terkait kasus ini, Eddy Rumpoko telah mengajukan permohonan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dalam surat dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang diterima KPK disebutkan sidang perdana praperadilan Eddy Rumpoko akan digelar pada Senin (6/11) mendatang.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Peristiwa
  2. Kota Wisata Batu
  3. Eddy Rumpoko
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA