1. MALANG
  2. KABAR MALANG

100 calon 'Startup Founder' belajar maksimalkan potensi Kota Malang

Kota Malang disebut sebagai lokasi tang cocok untuk Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Ini alasannya!

©2017 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Senin, 23 Januari 2017 15:53

Merdeka.com, Malang - Pasca melalui tahapan Ignition dan Networking 'Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Malang, 100 orang peserta berhasil memasuki tahapan Workshop. Mereka memasuki tahapan tersebut, setelah berhasil mengalahkan 100 peserta lainnya. Workshop sendiri, merupakan tahapan kedua dari lima tahapan yang harus dilalui peserta, di mana mereka akan diberikan bekal pengetahuan seputar bisnis di dunia startup.

Berlangsung selama dua hari, yakni 21-22 Januari 2017, peserta dibekali pengetahuan terkait dengan design thinking, business model dan market validition. Pembekalan pada tahap workshop ini diharapkan dapat memetakan permasalahan, mengembangkan ide yang dibangun, serta memberikan solusi berdasarkan inspirasi yang telah didapatkan peserta dari tahapan Ignition. Sebelum workshop dimulai, peserta diarahkan untuk membentuk sebuah tim berjumlah 3-5 orang yang terdiri dari elemen hustler, hipster, dan hacker.

Chief Executive KIBAR, sekaligus inisiator Gerakan Nasional 1000 Startup, Yansen Kamto, hadir dalam pembukaan acara workshop tersebut. Dalam kesempatan tersebut, Yansen memberikan tips kepada calon startup founder untuk menemukan co-founder yang tepat.

Melirik pada kegiatan workshop, masing-masing materi dibekali oleh orang-orang yang ahli dibidang tersebut, salah satunya Fadli Wilihandarwo, CEO Pasienia dan Bagus Berlian, Evangelist, dan TEDx Tugu pahlawan. Fadli, memberikan materi terkait Design Thinking, yakni terkait dengan pengidentifikasian dan pemetaan masalah yang ingin dipecahkan, hingga akhirnya menemukan alternatif solusi.

Brillyanes Sanawiri, founder Mavens Mitra Perkasa, dan Gilang Gibranthama, head of Go Massage, merupakan dua pemateri yang mengisis hari kedua. Dalam kegiatan workshop tersebut, keduanya memberikan materi seputar Market Validition, agar membantu peserta untuk memvalidasi sebuah alternatif solusi terkait permasalahan yang dihadapi masyarakat.

"Malang merupakan kota yang dikelilingi oleh sumber pengetahuan dan teknologi baru yang cocok untuk program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital ini. Diharapkan, melalui gerakan ini dapat memicu tumbuh kembangnya startup baru di kota Malang," Ungkap Brillyanes, seperti dikutip dari press release Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.

Selain Design Thinking dan Market Validition, peserta juga dibekali dengan pengetahuan seputar Business Model, yakni terkait seluk-beluk membuat model bisnis yang tepat untuk alternatif solusi yang sudah dimantapkan. Sesi ini dimentori oleh Tegar Sadewo, finalis International Business Model Competition 2-16, dan Abdul Qifli, Co-CTO Jojonomic.

 

(SR)
  1. Event
  2. Teknologi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA