1. MALANG
  2. GAYA HIDUP

Pernah coba? 10 permainan tradisional semarakkan HUT Kemerdekaan RI

Sederetan permainan tradisional ini selalu hadir meriahkan perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia.

© 2016 merdeka.com. ©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Rabu, 17 Agustus 2016 08:07

Merdeka.com, Malang - Dirgahayu ke-71 Republik Indonesia. Gegap gempita kebahagiaan menyambut datangnya kemerdekaan Indonesia tercinta, terasa di seluruh tanah air. Berbagai perayaan pun digelar dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Indonesia.

Salah satu yang khas dan selalu dinanti kehadirannya adalah lomba-lomba tradisional yang selalu mengiringi keceriaan perayaan 17 Agustus. Ternyata, beberapa jenis permainan tertentu sangat lekat dengan perayaan HUT Kemerdekaan RI. Langsung simak saja deretan permainan tradisional tersebut, yuk!

1. Panjat pinang

Permainan Tradisional Kemerdekaan
© 2016 merdeka.com/imam buhori

Panjat pinang memang menjadi salah satu ikon permainan tradisional khas perayaan hari kemerdekaan Indonesia. Sebelum perlombaan di mulai, batang pohon pinang akan dilumuri dengan pelumas agar licin. Pada bagian atas pohon, terdapat berbagai hadiah menarik yang digantung dan siap ditarik oleh para pemanjat.

2. Makan kerupuk

Permainan Tradisional Kemerdekaan
© gosocio.co.id

Seperti halnya panjat pinang, makan kerupuk pun merupakan permainan tradisional yang populer pada perayaan kemerdekaan Indonesia. Lomba dilakukan dengan cara menggantung kerupuk berjajar dengan tali. Kemudian peserta berlomba-lomba untuk menghabiskan kerupuk mereka.

3. Balap kelereng

Permainan Tradisional Kemerdekaan
© 2016 merdeka.com/Arie Basuki

Tak kalah seru dengan panjat pinang, balap kelereng menjadi salah satu lomba yang dinanti-nanti untuk memeriahkan kemerdekaan Indonesia. Dalam permainan ini, peserta diminta menggigit sendok yang sudah diberi kelereng dan berjalan menuju garis finish secepat mungkin.

4. Balap karung

Permainan Tradisional Kemerdekaan
© 2016 merdeka.com/M. Luthfi

Balap karung menjadi salah satu lomba yang asyik dan sangat populer pada perayaan hari kemerdekaan Indonesia. Peserta akan memasukkan kakinya ke dalam karung. Kemudian mereka berlomba-lomba untuk berlari menuju garis finish.

5. Lomba bakiak

Permainan Tradisional Kemerdekaan
© 2016 merdeka.com/Darmadi Sasongko

Lomba yang satu ini membutuhkan kerjasama tim yang baik. Lomba bakiak dilakukan dengan cara memakai bakiak panjang secara beramai-ramai. Peserta pun harus bisa mencapai garis finish secara bersamaan.

6. Lomba gebuk bantal

Permainan Tradisional Kemerdekaan
© 2016 merdeka.com/arie basuki

Lomba gebuk bantal tergolong permainan tradisional yang seru dan menarik. Peserta duduk di atas batang kayu yang ditaruh di atas kali atau sungai. Kemudian mereka saling menggebuk tubuh dengan bantal hingga salah satu pesaing jatuh.

7. Memasukkan paku dalam botol

Permainan Tradisional Kemerdekaan
© ddestiyani.blogspot.com

Paku diikat dengan tali dan digantung di belakang celana peserta. Kemudian peserta berlari ke garis finish dan berusaha untuk memasukkan paku ke dalam botol.

8. Voli buta

Permainan Tradisional Kemerdekaan
© sekolahalamyogya.com

Sekilas memang tampak seperti permainan voli pada umumnya. Bedanya, pada voli buta tim satu dan lainnya tak dapat melihat gerak lawan lantaran net jaring yang diganti dengan  spanduk. Bisa dibayangkan, peserta harus selalu fokus untuk menanti bola yang tiba-tiba datang.

9. Pukul balon

Permainan Tradisional Kemerdekaan
© gosocio.co.id

Butuh insting yang kuat untuk bisa memukul balon berisi air dalam kondisi mata tertutup. Tak jarang, permainan ini mengundang tawa lantaran aksi pemain yang tampak kebingungan saat mencari lokasi balon bergantung.

10. Memindahkan belut

Permainan Tradisional Kemerdekaan
© 2016 merdeka.com/M. Luthfi

Belut memiliki tubuh yang licin. Tak heran, jika peserta lomba kesusahan untuk memegangnya dengan erat. Dalam permainan memindahkan belut ini, peserta biasanya akan berlomba-lomba untuk memindahkan sejumlah belut dari satu tempat ke tempat lainnya, dengan jarak tertentu dan dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

PILIHAN EDITOR

 

(SR)
  1. HUT RI
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA