1. MALANG
  2. GAYA HIDUP

Kisah kebakaran yang pernah melanda Pasar Besar Malang

Kebakaran yang melanda Pasar Besar Malang ternyata telah terjadi berkali-kali dan menyebabkan wajah pasar ini terus berubah.

Pasar Besar Malang tahun 80-an. ©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Kamis, 26 Mei 2016 10:16

Merdeka.com, Malang - Pasar besar Malang merupakan pasar yang sudah cukup tua di kota Malang dan sudah ada sejak jaman Hindia Belanda. Pasar ini telah ada sejak sebelum tahun 1900 dan lebih dikenal sebagai pasar pecinan yang tumbuh dengan sendirinya. Baru pada tahun 1919, pemerintah kota Malang membangun pasar ini dan membuatnya lebih tertata.

Karena posisinya yang di tengah kota dan pusat perdagangan, pasar ini berkembang dengan sangat pesat. Tercatat terdapat renovasi pada tahun 1938 dan 1973 pada pasar ini. Namun perubahan paling drastis dilakukan ketika pasar dibuat menjadi bertingkat empat setelah kebakaran besar yang terjadi pada tahun 1988.

Kebakaran besar yang terjadi di pasar Besar Malang tercatat terjadi beberapa kali. Salah satu kebakaran yang menyebabkan perubahan paling besar adalah pada tahun 1985 ketika terjadi di wilayah timur pasar. Setelah kebakaran tersebut, untuk sementara bangunan pasar diganti dengan kerangka besi dan atap asbes bergelombang.

Namun pada tahun 1988, bangunan pasar yang semula hanya satu lantai dan lebih terbuka dibangun menjadi sebuah gedung yang tertutup dengan empat lantai dengan pengerjaan yang baru selesai pada sekitar tahun 90-an. Pada bentuk yang baru ini, pasar besar Malang hadir dengan bentuk yang lebih modern dan dilengkapi dengan pusat perbelanjaan modern berupa Matahari di lantai tiga.

Pada tahun 2003, terjadi lagi kebakaran besar yang menghanguskan lantai dua dan tiga yang ditempati Matahari Department Store. Walaupun cukup besar, kebakaran ini tidak terlalu berpengaruh terhadap lantai bawah tempat pasar tradisional.

Namun kebakaran ini menyebabkan terjadinya renovasi lagi terhadap bangunan pasar serta ditambahkannya lagi satu lantai di bagian atas pasar. Sebelum kebakaran tahun 2003, pada tahun 2002 sempat terjadi dua kali kebakaran pada pusat perdagangan di kota Malang ini. Hanya saja kobaran api yang tidak terlalu besar dan antisipasi yang cepat membuat api tidak meluas dan bisa diatasi sebelum menimbulkan kerugian yang lebih besar.

Pada tahun 2014, sempat terjadi kebakaran lagi di wilayah pasar besar Malang, namun kobaran api tidak meluas dan hanya melanda dua kios yang ada. Kebakaran yang terjadi pada tahun 2014 itu ternyata bukan peristiwa terakhir karena pada 26 mei 2016 kembali terjadi kebakaran yang cukup besar di wilayah pasar besar Malang. 

 

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Sejarah Malang
  2. Peristiwa
  3. Kebakaran pasar besar
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA