1. MALANG
  2. GAYA HIDUP

Google ajak UKM di Malang go digital melalui kegiatan Gapura Digital

Komitmen membantu UKM masuk ke ranah digital, Google Indonesia mengajak para pelaku UKM untuk bergabung dalam Gapura Digital.

Kelas Gapura Digital di Malang. ©2017 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Sabtu, 23 September 2017 13:16

Merdeka.com, Malang - Tidak bisa dipungkiri, internet sudah menjadi sarana yang sulit dilepaskan dari proses pencarian informasi, termasuk dalam pencarian detail produk dan jasa. Melihat pesatnya perkembangan bisnis yang tumbuh lewat dunia digital, Google Indonesia mengajak para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) untuk ikut bergabung dalam Gerakan Pelatihan Usaha Rakyat (Gapura) Digital.

Gapura Digital adalah rangkaian workshop gratis untuk para pelaku UKM di sepuluh kota di Indonesia, yang dirilis bersamaan dengan layanan produk Google Bisnisku pada 15 Mei 2017 lalu. Tujuan utama Gapura Digital, yakni membantu UKM di seluruh Indonesia bisa go digital, sehingga perkembangan bisnisnya tumbuh lebih cepat dibanding UKM offline.

"Google berkomitmen dalam membantu UKM untuk membawa usaha mereka ke ranah digital dan membantu Indonesia untuk menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara", ucap Tony Keusgen, Managing Director Google Indonesia pada saat peresmian Gapura Digital di Jakarta, Senin (15/05) lalu.

Gapura Digital di Malang
© 2017 merdeka.com/Istimewa

Malang termasuk salah satu kota diadakannya kegiatan Gapura Digital, dan telah berlangsung sejak 14 Juli 2017. Kegiatan Gapura Digital rutin diadakan di Supper Cafe, Jalan Sigura-gura Barat No 10, selama dua hari dalam seminggu. Pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari kelas-kelas yang membahas panduan dunia digital.

Untuk bisa bergabung di kelas Gapura Digital, peserta dapat mendaftar diri secara online pada website resminya di g.co/gapuradigital. Kegiatan tersebut tidak memungut biaya apapun dan berlaku untuk semua pelaku usaha yang ingin belajar bisnis menggunakan platform digital.

"Pelatihan seperti sangat membantu buat orang-orang seperti saya yang punya interest dengan dunia digital. Saya bisa ketemu banyak orang yang lebih expert di digital dan belajar banyak dari mereka," tutur Hakiki, founder Kabarmlg, yang mengikuti kegiatan Gapura Digital di Malang.

Kegiatan ini sejalan dengan misi Google, yakni mengumpulkan dan menjadikan informasi dunia dapat diakses serta dimanfaatkan secara universal. Melalui berbagai produk dan platform seperti Google Penelusuran, Google Maps, Gmail, Android, Google Play, Chrome, dan YouTube, Google memegang peranan penting dalam keseharian miliaran penduduk dunia dan telah menjadi salah satu perusahaan paling dikenal secara global. Google merupakan anak perusahaan dari Alphabet Inc.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Bisnis
  2. Teknologi
  3. Malang Kreatif
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA