1. MALANG
  2. GAYA HIDUP

Dukung peningkatan SDM Agrikultur, JAPFA siapkan Beasiswa ke UB

JAPFA Foundation bekerja sama dengan UB memberi beasiswa untuk mahasiswa program sarjana peternakan, sarjana perikanan dan Ilmu kelautan.

©2018 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Rabu, 26 September 2018 13:33

Merdeka.com, Malang - JAPFA Foundation bekerja sama dengan Universitas Brawijaya (UB) Malang memberikan program beasiswa untuk program sarjana peternakan, sarjana perikanan dan Ilmu kelautan. Perusahaan Agrikultur menggandeng Fakultas Peternakan serta Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan sebagai bentuk komitmen peningkatan sumber daya manusia SDM) di sektor pendidikan, khususnya sektor pendidikan agrikultur.

"Program beasiswa ini diharapkan para generasi muda dapat berprestasi di sektor peternakan dan perikanan Indonesia," ujar Andi Prasetyo, Head of JAPFA Foundation, Selasa (25/9).

Komitmen ini diwujudkan dalam Penandatanganan Nota Kesepahaman Pengembangan Pendidikan melalui Program Beasiswa Sarjana Peternakan antara Fakultas Pertanian serta Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan bersama JAPFA Foundation di Ruang Jamuan Rektorat, Universitas Brawijaya, Selasa (25/9).

Para mahasiswa penerima beasiswa diharapkan dapat menyelesaikan pendidikannya dan mengabdikan pengalaman serta keterampilan yang didapatkan selama duduk di bangku kuliah pada masyarakat.

"Guna memajukan sektor agrikultur, tentu dibutuhkan SDM yang berkualitas. Program ini ditujukan untuk mendorong semangat siswa sehingga nantinya tercetak sarjana peternakan, perikanan dan kelautan yang unggul,” imbuh Andi.

Adapun proses seleksi yang akan dilalui peserta adalah seleksi administrasi seperti pengumpulan berkas persyaratan dan seleksi wawancara. Setiap kandidat akan dinilai dari poin integritas, motivasi, kepemimpinan, kreatifitas, komunikasi, dan karakter-karakter yang positif lainnya.

Sementara komponen beasiswa yang akan didapatkan oleh penerima beasiswa berupa tunjangan langsung dan tidak langsung. Tunjangan langsung berupa uang saku, tunjangan penelitian dan skripsi, sedangkan tunjangan tidak langsung berupa penerima tunjangan pendidikan semester, kegiatan sosial, bimbingan karier, bimbingan akademik serta kursus bahasa Inggris.

Direktur Corporate Affairs PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk, Rachmat Indrajaya, menjelaskan, durasi program beasiswa sarjana peternakan ini akan berjalan selama 1 semester dan dapat diperpanjang sesuai dengan ketentuan penilaian dari Japfa Foundation dan dari pihak Universitas Brawijaya.

"Program beasiswa ini diharapkan mampu memberikan semangat bagi generasi muda untuk terus berprestasi dalam sektor agribisnis di Indonesia," tutup Rachmat.

Nota kesepahaman ditandatangani oleh Rektor Universitas Brawijaya, Dekan Fakultas Peternakan, Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, JAPFA Foundation perwakilan dari PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA Unit Banjarmasin, PT. Ciomas Adisatwa, PT. Suri Tani Pemuka, PT Austasia, PT Santosa Agrindo), serta perwakilan SMKN 01 Plosoklaten, serta perwakilan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

PILIHAN EDITOR

(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Universitas Brawijaya
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA