1. MALANG
  2. GAYA HIDUP

Dorong digitalisasi UMKM, Blanja.com perluas edukasi ke kota Malang

Bergabung dalam Roadshow #PahlawanDigital, Blanja.com beri edukasi seputar marketplace kepada ratusan pelaku UMKM di kota Malang.

Roadshow #PahlawanDigital 10 di Kota Malang. ©2017 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Rabu, 06 September 2017 17:03

Merdeka.com, Malang - Mendorong perkembangan digitalisasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Blanja.com turut berpartisipasi dalam Roadshow #PahlawanDigital 10 di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki), Senin (4/8) lalu. Dalam acara yang melibatkan ratusan pelaku UMKM ini, Blanja.com memberi edukasi sekaligus praktik mengenai UMKM go online, dan pemasaran melalui sebuah marketplace.

Tak sekadar memasarkan produk, Blanja.com mencoba merangkul UMKM yang belum go online dengan berbagi edukasi terkait digital UMKM ke berbagai daerah. Kali ini giliran kota Malang yang menjadi target dengan turut bergabung dalam program roadshow #PahlawanDigital.

"Ini acara kita ke enam (di kota Malang). Sebelumnya kita sudah mengumpulkan 1500 UMKM go online di 5 kota, yaitu Bandung Barat, Tanjung Padan, Cimahi, Semarang, Jambi, da akan ada di kota-kota lain juga. Kebetulan yang di Malang ini kita gandeng sama #PahlawanDigital," terang Rieka Handayani, Head of Public Relation Blanja.com, Senin (4/9).

Rieka Handayani saat Roadshow #PahlawanDigital 10
© 2017 merdeka.com/Siti Rutmawati

Menyinggung soal kegiatan, Rieke menjelaskan, Blanja.com melalui belasan fasilitator mendampingi pelaku UMKM untuk masuk ke dalam marketplace. Fasilitator juga menjelaskan beberapa hal penting terkait pemasaran digital, seperti fotografi produk.

"Blanja.com di sini membantu UKM untuk langsung punya toko online di Blanja.com. Kita juga memberikan edukasi seputar fotografi produk," imbuhnya.

Pihaknya, kata Rieka, akan terus melakukan pendampingan kepada UMKM yang terjaring dalam marketplace. Kendati demikian, kesadaran pelaku UMKM untuk bergerak maju sangat diperlukan untuk mencapai target digitalisasi UMKM.

"Kita butuh dua pihak, Blanja udah support edukasi, tapi kalau dari UMKM sendiri tidak ada kemauan, ya tidak bisa. Tapi tetap di follow up, kita bantu cariin solusi, misalkan kalau ada produk mereka yang gak laku dalam satu bulan," ujarnya.

Fasilitator Blanja.com saat Roadshow #PahlawanDigital 10
© 2017 merdeka.com/Siti Rutmawati

Blanja.com sendiri merupakan platform bentukan Telkom dan ebay. Digitalisasi bisnis UMKM mitra binaan seluruh BUMN di Indonesia diintegrasikan ke situs e-commerce Blanja.com. Sehingga, Blanja.com wajib memasarkan produk UMKM yang menjadi binaan BUMN serta produk/jasa BUMN sendiri.

Sementara, #PahlawanDigital merupakan program yang diinisiasi oleh Jagoan Hosting yang didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkoinfo RI). Program ini merupakan program kolaborasi yang menjembatani anak muda dan UMKM yang belum go online untuk melakukan re-packaging dan re-branding produk UMKM lokal agar dapat bersaing di pasar Internasional.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Bisnis
  2. Malang Kreatif
  3. Kota Malang
  4. #PahlawanDigital
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA