1. MALANG
  2. AREMANIA

Arema FC dapat lisensi klub profesional AFC secara sempurna tanpa catatan

Arema FC menjadi satu dari 10 klub Liga 1 yang mendapat lisensi klub profesional dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

©2018 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Kamis, 25 Oktober 2018 12:10

Merdeka.com, Malang - Arema FC menjadi satu dari 10 klub Liga 1 yang mendapat lisensi klub profesional dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Dilansir dari Bola.net, lebih istimewa lagi karena Arema FC termasuk di antara tiga klub yang lolos dengan sempurna tanpa catatan.

Kepala Departemen Lisensi Klub PSSI, Tigorshalom Boboy menjelaskan bahwa proses untuk mendapatkan lisensi klub profesional dari AFC sudah dimulai sejak April 2018. Sebanyak 18 klub Liga 1 mengikuti, termasuk dengan memasukkan dokuman melalui AFC CLAS (Club Licensing Administration System).

Namun dari 18 klub, hanya 10 tim yang berhasil mengantongi lisensi tersebut. Tiga di antaranya lolos dengan sempurna karena mendapat lisensi tanpa catatan, yakni Arema FC, Persib Bandung, dan Persija Jakarta.

"Semua dokumen masuk lewat sistem, bukan manual ke departemen klub lisensi. Ada perpanjangan waktu karena melihat adanya potensi beberapa klub memeroleh lisensi," ujar Tigor.

"Pada 15 Oktober, Komite Lisensi sudah memutuskan dan memberikan hasil ke seluruh klub. Ada tiga klub yang dalam posisi granted, yaitu Arema, Persib, dan Persija. Jadi per 15 Oktober tiga klub termasuk Persib sudah mendapat lisensi," katanya menambahkan.

Sementara itu, empat klub lain per 15 Oktober yang mendapat lisensi dengan catatan adalah Bali United, Bhayangkara FC, Borneo FC, dan Persipura Jayapura. Keempatnya sudah memenuhi 33 kriteria A, tapi belum dengan kriteria B.

Sedangkan tiga klub lain yang mendapat lisensi setelah melakukan banding yang diberi waktu sampai 18 Oktober adalah PSM Makassar, Madura United, dan Barito Putera. Selain ketiga klub tersebut, Persib juga mengajukan banding ke Komite Banding Lisensi.

"Khusus Persib, penjelasan yang kami sampaikan, bahwa mereka tidak berpengaruh hasil lisensi yang diperoleh. Mereka ingin melengkapi kriteria C. Banding Persib berbeda dengan tiga klub yaitu PSM, Madura United, dan Barito Putera. Apapun, Persib banding atau tidak, tidak memengaruhi lisensi yang diterima. Persib sempurna di 33 kriteria A, 8 kriteria B dan itu sudah dipenuhi," imbuh Tigor.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Kabar Arema
  2. Arema FC
  3. Liga 1
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA