1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Pujon Kidul, desa eksotik yang sukses kembangkan wisata alternatif

Sukses kembangkan wisatanya, Pujon Kidul mendapat dukungan Bina Desa dari Pemkab Malang.

©2017 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Minggu, 12 Maret 2017 12:28

Merdeka.com, Malang - Bupati Malang, Rendra Kresna memimpin pelaksanaan Bina Desa Wisata di Desa Wisata Pujon Kidul, kecamatan Pujon, Jumat (10/3) siang. Dalam kesempatan tersebut, Rendra juga meresmikan Gapura Desa Wisata Pujon Kidul, dan melakukan kunjungan di beberapa titik potensi dari desa setempat.

Rendra menuturkan, Bina Desa Wisata sebagai salah satu bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang kepada desa Pujon Kidul yang sukses mengembangkan potensi desanya, utamanya di bidang kepariwisataan. Ia lantas mengisahkan, Pujon Kidul dikenal karena keberadaan wisata eksotik Sumber Pitu hingga kini muncul spot wisata alternatif Cafe Sawah.

"Pemkab Malang setiap bulan menggelar bina desa wisata. Di bulan Maret ini diletakkan di Desa Pujon Kidul, desa yang lagi berkembang dan sukses mengembangkan kepariwisataan desanya, basis agro baik tanaman hortikultura dan susu sapi, dan sebagainya," tuturnya.

Bina Desa Wisata kali ini, Rendra mengawali kunjungan ke Pujon dengan sholat Jumat berjamaah di Masjid Jami’ Darulsalam. Didampingi Wakil Bupati Malang, Sekretaris Daerah, dan para SKPD, ia kemudian meresmikan Gapura Desa Wisata Pujon Kidul, dan dilanjut makan siang bersama Gus Lukman pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Mafroh di Gunung Amping. Setelahnya, ia berlanjut ke TPQ Konveksi, serta petik langsung di kebun Jambu dan Markisa.

"Selamat datang di desa kami, Desa Wisata Pujon Kidul. Terima kasih sudah bersedia meresmikan Gapura Welcome to Pujon Kidul. Tempat ini (gapura, Red) sebelumnya sangat kumuh dan kotor, tempat sampah dan sebagainya. Tapi alhamdulillah kami ubah yang image-nya buruk dan menakutkan, menjadi tempat yang indah . Saat ini banyak yang berfoto disini," tutur Kepala Desa Pujon Kidul, Udi Hartoko.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Peristiwa
  2. Kabupaten Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA