1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Pemkot Malang Berkomitmen Jalankan Strategi Nasional Pencegahan Korupsi

Salah satu upaya Pemkot Malang untuk pencegahan korupsi adalah dengan mengembangkan digitalisasi layanan termasuk sistem e-budgeting.

Rakorwasdanas 2019 terkait Stranas PK di Hotel Sunan Solo. ©2019 Merdeka.com Reporter : Zain M | Contributor : Darmadi Sasongko | Sabtu, 28 September 2019 10:41
Pemerintah Kota (Pemkot) Malang berkomitmen menjalankan Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) yang sedang digencarkan oleh Pemerintah. Kebijakan terkait reformasi birokrasi, keuangan daerah serta bidang perizinan telah dijalankan dan mengarah sebagaimana amanat dalam Stranas PK.
 
"Termasuk dalam bidang perizinan kami sudah komitmen memaksimalkan layanan publik sesuai aturan perundangan dalam Dinas PTSP, di mana nantinya bidang izin usaha akan disenergikan dengan OSS dari Pemerintah Pusat," kata Sutiaji, Walikota Malang.
 
Terkait komitmen Pemkot dalam aksi pencegahan korupsi bidang keuangan daerah, Sutiaji mengaku, saat ini sedang dikembangkan digitalisasi layanan yang di dalamnya termasuk sistem e-budgeting.
 
"Kami juga mendorong adanya transparansi dalam penyusunan e-budgeting. Hal ini adalah satu cara untuk mencegah korupsi karena layanan ini bisa diakses oleh masyarakat,” tandasnya.
 
Upaya reformasi birokrasi untuk meningkatkan layanan publik juga terus digenjot Pemkot Malang. Salah satunya dengan meningkatkan budaya kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) serta aplikasi Merit System dalam pengisian jabatan.
 
Walikota Sutiaji juga menekankan penguatan peran Inspektorat dalam pengawasan internal guna mencegah tindak pidana korupsi. 
 
"Intinya Kami sangat mendukung program Stranas PK yang nantinya akan diaplikasikan dalam Aksi Pencegahan Korupsi di lingkungan Pemerintah Kota Malang," imbuhnya.
 
Stranas PK sendiri merupakan arah kebijakan nasional yang memuat fokus dan sasaran pencegahan korupsi baik dari Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah dan Pemangku Kepentingan Lainnya dalam menjalankan aksi pencegahan korupsi di Indonesia.
 
Stranas PK memiliki tiga fokus utama yakni dalam bidang perizinan dan tata niaga, keuangan negara serta penegakan hukum dan reformasi birokrasi. 
 
Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah-Nasional (Rakorwasdanas 2019) terkait Stranas PK dilaksanakan di Hotel Sunan Solo, 25 - 26 September 2019. Rakordawasnas mengusung tema Aparatur Pengawasan Unggul Mencegah Korupsi dihadiri Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata dan Sekjen Kemendagri, Hadi Prabowo.
(ZM) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Pemkot Malang
  2. Walikota Sutiaji
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA