1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Pemkab Kotawaringin Barat belajar UKM ke Kota Malang 

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat belajar tentang Usaha Kecil dan Menengah (UKM) ke Kota Malang.

©2017 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Rabu, 11 Oktober 2017 13:09
Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat belajar tentang Usaha Kecil dan Menengah (UKM) ke Kota Malang. Rombongan berjumlah 72 orang dipimpin Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat. Tim tersebut diterima oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan bersama Kepala Dinas Perindustrian dan Dinas Perdagangan di Ruang Nusantara Balai Kota Malang. 
 
Supriyadi, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan menyampaikan, UKM mempunyai peran strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Karena itu selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan. 
 
"Sebagai contoh saja, kita selalu senantiasa melakukan berbagai kiat, kreatifitas serta inovasi dalam memberdayaan serta meningkatkan hasil produksi industri kecil di Kota Malang," kata Supriyadi, Selasa (10/10).
 
Kata Supriyadi, Pemkot Malang terus bergerak simultan dalam menyusun kerangka regulasi, kebijakan, maupun program terkait dengan pengembangan hasil produksi industri kecil. Salah satunya melakukan langkah pendampingan dan pembinaan  terhadap UMKM secara rutin dan berkesinambungan.
 
Selain itu juga melakukan peningkatan efisiensi teknis, penguasaan inovasi, pengembangan produk baru. Pemkot juga terbentuk forum pengembangan ekonomi daerah, yang berperan dalam memfasilitasi, memotivasi aktivitas ekonomi daerah.
 
Sementara, Bahrudin pimpinan rombongan Pemkab Kotawaringin Barat menyampaikan, penduduk di Kabupaten Waringin Barat terdiri berbagai suku dan saling mendukung dalam pembangunan. Sedangkan luas Kabupaten Barat sekitar 10779 meter persegi, dengan jumlah penduduk 243.561 jiwa. 
 
"Dari sisi ekonomi Kota Waringin Barat cukup berkembang, karena sektor unggulan memberikan kontribusi untuk pembangunan daerah. Sektor pertanian, ada kelapa sawit, pertenakan ada sapi sawit, dan untuk sektor pariwisata sedang kita kembangkan begitu juga dengan sektor-sektor lainnya," ujarnya.
 
Maksud dan tujuan berkunjung ke Kota Malang mengajak pegawai yang menjelang pensiun untuk studi banding. Sehingga dapat menambah ilmu, wawasan, dan pengalaman.
 
(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Info Kota
  2. Kota Malang
  3. Pemkot Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA