1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Menang kontes robot internasional, UMM dapat penghargaan dari Jokowi

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menerima penghargaan dari Presiden Joko Widodo dalam Festival Ikon Prestasi Indonesia.

Ilustrasi Robot. ©2017 Merdeka.com Editor : Siti Rutmawati | Contributor : Darmadi Sasongko | Senin, 21 Agustus 2017 13:31

Merdeka.com, Malang - Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menerima penghargaan dari Presiden Joko Widodo dalam Festival Ikon Prestasi Indonesia. Kampus swasta terbesar di Malang ini, menerima Apresiasi Ikon Prestasi Indonesia bersama 71 ikon prestasi lain dari seluruh Indonesia.

Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Fauzan, akan menerima langsung penghargaan dari Presiden di ajang Festival 72 Ikon Prestasi Indonesia: Pancasila Inspirasi Maju yang digelar di Jakarta Hilton Convention Center (JHCC), Senin (21/8).

Fauzan dipilih oleh Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP -Pancasila) selaku panitia, mewakili tim robot UMM yang memenangi Kontes Robot Internasional di Trinity College, Connecticut Amerika Serikat, 1-2 April 2017.

"Tim robot UMM ini berhasil meraih kemenangan di kancah internasional. Inilah apresiasi ikon prestasi diberikan pada UMM, dari empat kategori yang ditetapkan panitia, yaitu saintis dan innovator, olahraga, seni budaya dan pegiat sosial. UMM masuk ke dalam kategori Saintis dan Inovator," kata Fauzan dalam keterangan tertulisnya.

Ada dua hal yang menjadi keunggulan robot-robot UMM dalam laga bertajuk Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest (TCFFHRC), yaitu kecepatan dan ketepatan. Robot itu dilengkapi dengan sepuluh sensor, yaitu delapan sensor ultrasonic dan dua sensor inframerah sebagai sensor jarak.

Sensor-sensor tersebut digunakan agar mudah mendeteksi posisi lilin dan dapat menjangkau lilin dengan cepat dan tepat. Robot yang juga dibekali dengan sensor flame UVTRON R9454 untuk mendeteksi api lilin dan mampu menangkap cahaya ultraviolet dengan jangkauan spectrum 185 nanometer (nm) sampai 260 nm, di mana jangkauan itu hanya dimiliki oleh gas api.

Tim robot UMM, kata Fauzan, berhasil mengalahkan finalis dari Kanada, Tiongkok, Israel, Portugal, Uni Emirat Arab, dan tuan rumah Amerika Serikat. Fauzan optimis, UMM dapat terus mendorong dan memfasilitasi pengembangan serta perancangan yang lebih matang dari robot karya Imam Fatoni, Ikhlal Aldhi Wijaya, dan Salis Muchtar Fadhilah itu.

Sementara itu, Festival 72 Ikon Prestasi Indonesia: Pancasila Inspirasi Maju digelar oleh Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-Pancasila). Acara berlangsung 21-22 Agustus 2017 di Jakarta Convention Center.

Acara digelar sebagai penghargaan yang diperoleh anak bangsa di tingkat nasional dan internasional dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan (science), olahraga dan seni budaya. Prestasi dan keteladanan yang dicapai para juara ini untuk membangkitkan semangat berbangsa, menjadi sumber inspirasi menumbuhkan rasa cinta pada Tanah Air sebagai perwujudan dari ideologi Pancasila.

PILIHAN EDITOR

(SR) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Jokowi
  2. Universitas Muhammadiyah Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA