1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Kota Malang raih penghargaan Kota Terbaik bidang Lingkungan di ajang Government Award

Dalam gelaran penghargaan tahunan majalah Sindo Weekly itu, Kota Malang berhasil menyisihkan sejumlah kota/kabupaten di Indonesia.

©2018 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Jum'at, 06 April 2018 15:49
Kota Malang meraih penghargaan kategori Kota Terbaik Bidang Lingkungan dalam Government Award 2018. Dalam gelaran penghargaan tahunan majalah Sindo Weekly itu, Kota Malang berhasil menyisihkan sejumlah kota/kabupaten di Indonesia. 
 
Wali Kota Malang (Pjs) Wahid Wahyudi menerima penghargaan tersebut dalam sebuah proses di Ballroom Pullman Hotel, Jakarta, Kamis (5/3) malam. Penghargaan diserahkan oleh Sekertaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Hadi Prabowo dengan disaksikan Staf Ahli Bidang Keterpaduan Pembangunan Infrastrukur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Adang Ahmad.
 
Adang Ahmad, dalam sambutan mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengatakan, berdasarkan data Economic Forum peringkat Indonesia naik dari posisi 41 menjadi posisi 36 dalam bidang ekonomi. Indonesia saat ini lebih kompetitif dalam menarik investasi, sehingga berimbas positif pada terbukanya lapangan pekerjaan baru dan berkurangnya angka pengangguran.
 
"Ketika pengangguran berkurang maka kesejahteraan masyarakat akan meningkat," tegas Adang Ahmad di Ballroom Pullman Hotel, Jakarta, Kamis (5/3) malam.
 
Bukan itu saja, pada 2017-2018 trend peringkat pembangunan infrastruktur Indonesia juga mengalami kenaikan dari peringkat 60 menjadi peringkat 52. Hal tersebut tidak lepas dari peran tiga fungsi pembangunan infrastruktur di Indonesia, yakni mendorong adanya produksi, memperlancar distribusi dan meningkatkan kualitas lingkungan masyarakat. 
 
"Karena itu kita berharap agar pembangunan khususnya kawasan lingkungan bisa terjaga dengan baik," tukasnya.
 
Wali Kota Malang, Wahid Wahyudi dalam keterangannya menjelaskan, pembangunan bidang lingkungan di Kota Malang telah berjalan berdasarkan kebutuhan masyarakat. Penghargaan ini menjadi pelecut semangat untuk terus membangun lingkungan sesuai koridor yang sudah menjadi ketentuan. 
 
"Menjaga kelestarian lingkungan tentu menjadi perhatian pemerintah dalam program pembangunan," kata Wahid Wahyudi.
 
Government Award 2018 merupakan ajang penghargaan Majalah Sindo untuk tahun kelima. Penghargaan diberikan untuk mempromosikan sekaligus mengapresiasi keberhasilan pembangunan yang dilakukan Pemerintah Daerah.
 
Penghargaan diberikan kepada kepala daerah mulai tingkat kota/ kabupaten dan provinsi untuk beberapa kategori. 
 
"Mulai dari bidang pendidikan, lingkungan, kesehatan, infrastruktur, investasi, layanan publik, pariwisata, e-Government dan lain-lain," kata Nevy Hetharia, Pemimpin Redaksi Majalah Sindo Weekly. 
 
Sejak pertama kali dilaksanakan tahun 2014-2017, sebanyak 158 penghargaan telah disematkan kepada Gubernur, Wali Kota dan Bupati. Tahun 2018, sebanyak 36 penghargaan kembali diberikan kepada pimpinan daerah, sehingga total penghargaan Government Award yang diberikan hingga 2018 sudah mencapai 174 penghargaan.
 
Metode penilaian diawali melalui riset dari berbagai referensi, sebelum kemudian menentukan tiga nominator masing-masing kategori. Setiap nominator diminta mengirimkan data-data mengenai keistimewaan yang dimiliki sesuai kategori yang ditetapkan.
 
"Selanjutnya, melakukan observasi ke sejumlah daerah nominator pemenang. Observasi meliputi wawancara tatap muka dengan akademisi, masyarakat, dan kepala daerah. Hasil obversasi kemudian didiskusikan bersama ketua tim juri sebagai rujukan untuk menentukan pemenang," papar Nevy.
 
Apresiasi yang diberikan diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan pemerintah daerah. Selain itu bisa menjadi rujukan dan motivasi bagi daerah lain untuk meningkatkan kinerjanya.
 
 
 
 
(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Info Kota
  2. Ngalam Kipa
  3. Kota Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA