1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Kampung Putih, destinasi wisata baru di Kota Malang

Sesuai namanya, semua rumah dan fasilitas di Kampung Putih didominasi cat warna putih, sehingga terlihat bersih nan anggun.

Wali Kota Malang, Moch Anton, saat meresmikan Kampung Putih. ©2017 Merdeka.com Editor : Siti Rutmawati | Contributor : Darmadi Sasongko | Senin, 07 Agustus 2017 17:07

Merdeka.com, Malang - Sukses Kampung Warna Warni Jodipan dan Kampung Glintung Go Green (3G) menginspirasi tumbuhnya kampung tematik serupa di Kota Malang. Kini muncul kampung wisata baru yang diberi nama 'Kampung Putih' di kawasan RW 06 Kelurahan Celaket di Jalan Jaksa Agung Suprapto Kota Malang.

Sesuai namanya, semua rumah dan fasilitas di kampung itu didominasi cat warna putih, sehingga terlihat bersih nan anggun. Kampung Putih juga dilengkapi ornamen dan spot untuk berfoto selfie.

Seperti kampung Warna Warna, Kampung Putih juga terletak di bantaran sungai. Kesan kumuh kini berhasil disulap menjadi kampung indah dan bersih.

Walikota Malang, Moch Anton saat meresmikan Kampung Putih
© 2017 merdeka.com/Humas Pemkot Malang

Guna mewujudkannya Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) bekerjasama dengan PT Inti Dayaguna Aneka Warna (Decofresh) yang menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR).

Perusahaan cat itu sebelumnya juga berkontribusi mengecat Kampung Warna Warni di Jodipan dan kini sedang mengecat Kampung Arema dan membangun jembatan kaca. 

Wali Kota Malang, Mochammad Anton mengatakan, keberadaan Kampung Putih merupakan bukti masyarakat mampu berinovasi. Masyarakat memiliki mimpi yang diwujudkan dalam kreativitas masing-masing.

"Ini juga menunjukkan jika masyarakat ini ingin mengubah lingkungan dan pola pikir mereka," kata Abah Anton.

Abah Anton, demikian biasa dipanggil mengatakan, munculnya kolaborasi antara masyarakat, pemerintah dan pihak ketiga yakni perusahaan, sangat membantu dalam upaya membangun Kota Malang.

Selama ini, pemerintah selalu menjembatani dan memfasilitasi inovasi dan ide yang lahir dari masyarakat. Sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang positif bagi warganya.

"Saya harap Kampung Putih ini membawa dampak positif bagi tumbuh kembang perekonomian warga," tukasnya.

Sementara Vice President PT Inti Dayaguna Aneka Warna, Steven Sugiarto menegaskan, pihaknya selama ini selalu mendukung perkembangan kampung tematik di Kota Malang. CSR yang diberikan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Harapannya bantuan CSR dari kami bisa bermanfaat dan membawa sesuatu yang positif bagi warga," ujarnya.

Sementara Ketua RW 06, Gendut Santoso mengungkapkan, lewat Kampung Putih diharapkan membawa kampungnya memiliki nilai jual. Selain itu, dapat mendorong perubahan perilaku dalam hal kebersihan dan kekompakan menjadi lebih baik.

"Kami berharap kebiasaan warga membuang sampah berkurang dan perilaku warga bisa seputih kampungnya," kata Gendut Santoso.

Peresmian Kampung Putih sebagai destinasi wisata dilakukan oleh Wali Kota Malang, Mochammad Anton, Minggu (6/8). Turut mendampingi, Dandim 0833 Letkol (Inf) Nurul Yaqin, Ketua TP PKK Farida Dewi Suryani Anton, Vice President PT Inti Dayaguna Aneka Warna Steven Sugiarto serta beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

 

PILIHAN EDITOR

(SR) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Info Kota
  2. Kota Malang
  3. Kampung Tematik
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA