1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Wisata Kota Malang siap sumbang peningkatan kunjungan wisatawan

Sektor wisata Kota Malang siap menyumbangkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang ditargetkan oleh Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata.

Kepala Disbudpar Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni. ©2017 Merdeka.com Editor : Siti Rutmawati | Contributor : Darmadi Sasongko | Senin, 07 Agustus 2017 16:27

Merdeka.com, Malang - Sektor wisata Kota Malang siap menyumbangkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang ditargetkan oleh Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar). Kota Malang optimis akan mengalami kenaikan kunjungan, apalagi dengan adanya ekspansi promosi pasar.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan, persentase kunjungan wisman diperkirakan akan naik 10 persen dari tahun sebelumnya.

"Kami berharap target wisman dan wisatawan domestik mengalami kenaikan. Target kita adalah sekitar 10 persen kenaikan dari tahun lalu," tandasnya dalam sosialisasi kepada pelaku industri pariwisata di Provinsi Jawa Timur, Minggu (6/8).

Berdasarkan data Disbudpar selama dua tahun terakhir, terdapat peningkatkan jumlah wisatawan cukup signifikan. Pada tahun 2015 tercatat jumlah wisatawan domestik masuk Kota Malang berjumlah 3.290.067 orang, sedangkan wisman sejumlah 8.265.

Tahun 2016 lonjakan wisatawan tergolong signifikan karena naik menjadi 3.987.074 untuk wisatawan domestik dan 9.535 orang wisman.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sendiri tahun ini sedang gencarkan promosi wisata ke kawasan Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Afrika. Tahun ini target wisman masuk ke Indonesia dari Kemenpar sebanyak 15 juta orang, sedangkan Provinsi Jawa Timur menargetkan 1 juta wisman.

Secara terpisah, Wali Kota Malang, Mochammad Anton berharap, jumlah wisatawan yang datang ke Kota Malang meningkat dari tahun ke tahun seiring pembangunan dan perbaikan infrastruktur selama beberapa tahun ini.

Pembangunan taman yang mengubah wajah kota, ditambah hadirnya kampung wisata, diharapkan mampu memaksimalkan mendongkrak jumlah wisatawan.

"Kenaikan jumlah wisatawan akan berimbas positif kepada kenaikan pendapatan daerah Kota Malang," kata Mochammad Anton.

PILIHAN EDITOR

(SR) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Info Kota
  2. Kota Malang
  3. Pariwisata
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA