1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Dindik Kota Malang terima penghargaan 'Pengelola Pendidikan Terbaik'

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berikan penghargaan kepada Dindik Kota Malang sebagai Pengelola Pendidikan Terbaik di daerah.

©2017 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Kamis, 26 Januari 2017 17:07

Merdeka.com, Malang - Dinas Pendidikan (Dindik) kota Malang, kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan penghargaan kepada Dindik Kota Malang sebagai Pengelola Pendidikan Terbaik di daerah. Pemberian penghargaan itu disematkan pada gelaran Rembug Nasional yang dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, Rabu (25/1).

Penghargaan tersebut, diterima langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Zubaidah. Dalam kesempatan tersebut, Zubaidah menyampaikan rasa terima kasih atas kinerja insan pendidikan di kota Malang. Zubaidah menuturkan, prestasi tersebut tak akan diraih tanpa adanya jalinan kerjsama seluruh insan pendidikan di kota Malang.

"Ternyata kinerja insan pendidikan di Kota Malang selama ini diamati, dicermati dan dinilai oleh Kemendikbud. Padahal sebelumnya tidak ada pemberitahuan, tidak ada gelaran atau event penilaian. Tahu-tahu langsung diberikan penghargaan. Hal ini benar benar merupakan kebanggaan bagi kita semua," kata Zubaidah.

Zubaidah menjelaskan prestasi yang diterima dari Kemendikbud itu tidak lepas dari beberapa program yang selama ini dijalankan. Beberapa diantaranya seperti sekolah gratis, konsisten dalam membentuk sekolah adiwiyata, penciptaan lingkungan sekolah yang sehat melalui kegiatan UKS, serta terobosan inovasi Green School Festival (GSF). Selama ini, kata Zubaidah, program-program tersebut membawa dampak positif dalam dunia pendidikan.

Tak hanya itu, Dindik Kota Malang juga menggelar lomba kinerja kepala sekolah, transparansi pengelolaan dana Bosda dan Bosnas oleh satuan lembaga pendidikan. Dindik juga memperhatikan peningkatan kualitas tenaga pendidik, serta tenaga kependidikan melalui berbagai pelatihan. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidik dan penataan administrasi sekolah.

Dindik Kota Malang terima penghargaan 'Pengelola Pendidikan Terbaik'
© 2017 merdeka.com

Konsentrasi Pemkot dalam menjamin keberlangsungan pendidikan bagi seluruh warganya, menjadi nilai lebih bagi kota Malang. Hal tersebut diwujudkan melalui berbagai program bantuan sarana prasarana bagi sekolah dan siswa. Penilaian itulah yang menjadi acuan Kemendikbud dalam memberikan penghargaan kategori Pengelolaan Pendidikan terbaik di daerah.

"Dengan diberikannya penghargaan kategori pengelolaan pendidikan terbaik di daerah oleh kemendikbud ini semoga semakin memacu semangat serta melecut motivasi pada diri insan pendidikan Kota Malang untuk lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan pendidikan pada masyarakat " tutup Zubaidah.

Terpisah, Walikota Malang, H. Mochammad Anton, mengaku cukup bangga dengan torehan prestasi dari Dinas Pendidikan. Menurut Abah Anton -sapaan akrab H. Mochammad Anton-, berbagai upaya dalam memajukan dunia pendidikan tak lepas dari citra Kota Malang sendiri, yang telah dikenal masyarakat sebagai kota pendidikan.

"Program sekolah gratis adalah contoh keberpihakan pemerintah kepada dunia pendidikan," kata Abah Anton.

Abah Anton berharap Dindik Kota Malang terus bisa melakukan berbagai inovasi agar prestasi yang sudah diraih ini bisa ditingkatkan. "Inovasi perlu terus diupayakan agar dunia pendidikan kita bisa terus maju," tutupnya.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Info Kota
  2. Pendidikan
  3. Ngalam Kipa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA