1. MALANG
  2. GAYA HIDUP

Yuk, jaga stamina di musim hujan dengan 6 sayuran ini!

Saat musim hujan tiba, tubuh rentan terserang penyakit. Yuk, bentengi tubuh dengan enam sayuran lezat ini!

©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Rabu, 16 November 2016 16:06

Merdeka.com, Malang - Hujan mulai mengguyur Malang Raya sejak akhir September lalu. Memasuki musim hujan ini, tak sedikit orang yang jatuh sakit lantaran mudahnya bakteri dan virus berkembang biak pada tingkat kelembapan yang tinggi.

Konsumsi makanan sehat, merupakan cara klasik yang ampuh untuk membentengi diri dari serangan penyakit tersebut. Salah satunya adalah dengan meningkatkan konsumsi sayuran. Tapi, tak semua jenis sayuran ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh. lho! Dilansir dari merdeka.com, berikut ini merupakan enam jenis sayuran yang bisa bantu kamu jaga stamina selama musim hujan.

Ubi jalar
Ubi jalar tinggi akan beta karoten, vitamin C, B6, dan mineral seperti kalium dan magnesium. Semua nutrisi ini baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Paprika
Sayuran yang satu ini memang kaya akan vitamin C. Meskipun tak begitu populer di dapur masyarakat Indonesia, namun mengonsumsi paprika bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jahe
Jahe adalah salah satu bentuk obat herbal yang baik sebagai obat anti nyeri. Rempah-rempah ini ideal untuk menghalau serangan penyakit seperti flu, batuk, dan demam yang umum ditemui di musim penghujan.

Wortel
Satu buah wortel berisi 13.500 IU beta karoten yang mampu menangkal serangan radikal bebas di dalam tubuh Anda. Beta karoten bermanfaat sebagai zat anti kanker, mencegah kerusakan sel dan penuaan dini, serta mampu mencegah katarak.

Lobak
Lobak merupakan sumber serat yang baik untuk menjaga kadar gula darah Anda agar tetap stabil serta mampu memberikan cadangan energi untuk tubuh Anda. Lobak juga mengandung zat glusinolates yang terbukti mampu mencegah kanker.

Bit
Bit bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan daya tahan tubuh, serta mengurangi peradangan. Bit mengandung fitonutrien kuat yang disebut dengan proanthocyanidins yang mampu mencegah kanker. Bit juga mengandung folat, kalium agar otot dan saraf Anda sehat, mangan yang membantu menguatkan tulang, dan vitamin C yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Kuliner
  2. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA