1. MALANG
  2. GAYA HIDUP

Terlalu banyak konsumsi daging merah? Atasi dengan 5 makanan ini!

Konsumsi daging merah terlalu banyak berisiko meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Yuk, atasi dengan 5 makanan lezat ini!

© bq-magazine.com. ©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Minggu, 18 September 2016 10:07

Merdeka.com, Malang - Perayaan Idul Adha memang selalu diiringi dengan konsumsi daging merahyang tinggi, seperti daging kambing, daging sapi, dan lainnya. 

Namun jika dikonsumsi terlalu banyak, berisiko meningkatkan kadar kolesterol yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. 

LOL atau low density lipoprotein adalah jenis kolesterol jahat yang efek buruknya akan merusak secara perlahan dan permanen. Jika tidak segera ditangani dengan baik, maka kesehatan jantung akan terancam.

Kabar baiknya, beberapa makanan ternyata mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dilansir dari merdeka.com, berikut ini deretan makanan lezat yang bantu turunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Jus jeruk

Ilustrasi Jus Jeruk
© all4desktop.com



Minum dua gelas jus jeruk adalah salah satu solusi terbaik untuk mengurangi kadar kolesterol. Jus jeruk akan membantu menormalkan kadar kolesterol serta menjaga aliran darah tetap sehat.

Roti gandum

Ilustrasi Roti Gandum
© etamifad.com/etamifad.com



Gandum atau roti gandum jauh lebih sehat daripada roti yang terbuat dari tepung roti. Makan roti gandum juga memberi manfaat untuk menurunkan kolesterol karena gandum dapat meningkatkan kadar HDL. Selain itu, makanan lezat ini pun membantu menurunkan kadar berlebih jenis lemak darah yang disebut dengan trigliserida.

Minyak zaitun

Ilustrasi Minyak Zaitun
© tsmc.com.au/tsmc.com.au



Minyak zaitun adalah solusi minyak masak yang sehat. Saat dipanaskan, minyak ini tidak berubah menjadi lemak jenuh. Oleh karena itu, lemak dalam minyak zaitun membantu mengontrol serta mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh.

Makanan berserat

Ilustrasi Kacang-kacangan
© smallfootprintfamily.com/smallfootprintfamily.com



Penelitian membuktikan bahwa makanan yang tinggi serat mampu mengurangi kolesterol dalam tubuh secara efektif. Serat bersifat larut dalam darah, sehingga dapat mengurangi kolesterol jahat sebesar 24 persen.

Madu

Ilustrasi Madu
© bq-magazine.com/bq-magazine.com



Siapa sangka manisnya madu ternyata dapat membantu menurunkan kolesterol? Madu akan menyerang homocysteine, sejenis asam amino yang diketahui mampu meningkatkan risiko penyakit pembuluh darah perifer dan penyakit jantung.

Jadi, buat kamu yang bingung kolesterol meningkat lantaran mengonsumsi daging merah atau daging kambing terlalu banyak, konsumsi makanan di atas bisa jadi solusinya.

 

(SR)
  1. Kuliner
  2. Kesehatan
  3. Idul Adha 2016
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA