1. MALANG
  2. GAYA HIDUP

Menunggu Idul Adha untuk menikmati kelezatan daging

Bagi banyak orang, Idul Adha merupakan salah satu momen yang menggembirakan karena mereka dapat kembali menikmati daging.

Pemotongan daging kurban. ©2017 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Minggu, 03 September 2017 15:30

Merdeka.com, Malang - Idul Adha merupakan salah satu hari raya agama Islam yang cukup ditunggu-tunggu terutama bagi masyarakat pra-sejahtera. Datangnya hari raya Idul Adha ini biasanya akan ditandai dengan penyembelihan kambing dan sapi secara besar-besaran di penjuru negeri.

Daging-daging yang didapat dari sapi dan kambing yang dikurbankan ini kemudian akan dibagi baik kepada masyarakat sekitar maupun pada masyarakat yang membutuhkan. Datangnya Idul Adha ini juga merupakan salah satu dari kesempatan bagi mereka untuk mencicipi kelezatan dari daging ini.

Sriatun, salah satu masyarakat yang menunggu pembagian daging kurban mengaku bahwa dia rela berkeliling ke beberapa tempat dan menunggu agar bisa mendapatkan daging. Dia mengatakan bahwa Idul Adha merupakan salah satu dari sedikit kesempatan baginya untuk mendapat daging ini.

"Kalau nggak Idul Adha gini ya jarang-jarang makan daging. Jadi biar harus nunggu lama ya tetap sabar aja," jelasnya.

Pemotongan daging kurban Idul Adha 2017
© 2017 merdeka.com/Rizky Wahyu Permana

Senada dengan Sriatun, pencari daging kurban lain, Suyudi mengaku bahwa Idul Adha merupakan salah satu waktu dirinya bisa menikmati lagi daging. Bahkan dia mengaku bahwa telah melakukan hal ini selama bertahun-tahun.

"Sebelum-sebelumnya juga saya biasanya ya cari daging gini kalau Idul adha. Kalau ndak gini ya nggak makan daging mas," Jelas Suyudi.

Melimpahnya daging ketika Idul Adha memang merupakan saat yang ditunggu oleh banyak orang. Saat-saat ini merupakan waktu ketika mereka akhirnya dapat kembali mencicipi daging yang sangat jarang mereka nikmati.

Terkait tingkat konsumsi daging terutama daging merah ini, masyarakat Indonesia memang tergolong sangat sedikit mengonsumsi daging. Pada tahun 2015 sendiri, konsumsi daging sapi di indonesia hanya mencapai 2,2 kilogram per kapita/tahun. Jumlah ini sangat jauh dibanding Singapura yang 15 kg per kapita/tahun yang merupakan negara tetangga.

Melihat rendahnya angka konsumsi daging tersebut dan harganya yang tak terjangkau bagi sebagian golongan masyarakat, tak berlebihan jika Idul Adha memang merupakan saat yang benar-benar dinanti walau harus antre panjang untuk mendapat daging. Sebab dengan cara inilah akhirnya beberapa golongan masyarakat tersebut dapat menikmati daging.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Idul Adha 2017
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA