1. MALANG
  2. GAYA HIDUP

Ini yang terjadi pada kulit, tulang, dan kepala hewan kurban

Ternyata tidak semua bagian hewan kurban langsung dibagi rata. Ini yang terjadi pada kulit, tulang, kepala, serta beberapa bagian hewan kurban.

©2017 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Sabtu, 02 September 2017 16:17

Merdeka.com, Malang - Pada hewan ternak yang dikurbankan, tidak hanya daging saja yang diberikan dan dibagikan pada banyak orang. Berbagai bagian lain dari kambing ataupun sapi juga ikut dibagikan bersama dengan daging yang ada ini.

Imam Suprayitno, panitia kurban di Masji Al-Hidayah jalan Rajabasa Malang mengatakan bahwa beberapa bagian lain dari hewan ini juga dibagikan langsung dengan bungkusan daging kurban yang disiapkan.

"Semua bagian dari hewan yang dikurbankan ini dibagi rata kepada semua orang," jelasnya.

Kulit hewan kurban
© 2017 merdeka.com/Rizky Wahyu Permana

Namun Imam juga menjelaskan bahwa ada beberapa bagian dari hewan yang tidak dibagi. Tidak dibaginya beberapa bagian tersebut bisa jadi karena ada hal-hal tertentu padanya.

"Seperti contohnya tadi ada hati yang tidak dibagi karena tadi kelihatan ada bagiannya yang kena cacing hati," jelas Imam.

Sedangkan untuk bagian lain seperti tulang, jerohan, kepala, kaki, dan tulang juga dibagi. Seluruh bagian tersebut akan dipotong hingga kecil dan dibagi rata.

Tanduk hewan kurban
© 2017 merdeka.com/Rizky Wahyu Permana

Namun, Imam juga menjelaskan bahwa beberapa bagian tertentu tidak dibagikan secara rata pada semua kantung. Bagian tersebut bersama beberapa bagian lain akan disimpan dan baru dibagikan terakhir serta pada panitia.

"Torpedo, tulang-tulang, kepala itu untuk belakangan dibagi kalau ada yang minta atau untuk panitia," jelasnya.

Wahyanto, panitia kurban di tempat yang sama mengatakan bahwa pada pembagian bingkisan kurban ini sendiri, setiap kantung memiliki berat satu kilogram.

"Satu kilo itu terdiri dari setengah kilogram daging, seperempat kilogram jerohan, serta seperempat kilogram tulang," jelasnya.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Idul Adha 2017
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA