1. MALANG
  2. GAYA HIDUP

5 Trik mudah sulap kamar tanpa jendela jadi sejuk, berani coba?

Lima trik sederhana ini bakal buat kamar tanpa cahaya alami terlihat menarik sekaligus terasa sejuk.

© www.letsholiday.ie. ©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Rabu, 03 Agustus 2016 00:17

Merdeka.com, Malang - Kota Malang, menyandang julukan Kota Pendidikan bukan tanpa alasan. Sederetan sekolah dan perguruan tinggi dengan kualitas yang diakui, mampu menyedot kehadiran pelajar dan mahasiswa di kota ini. Tak jarang, pelajar dan mahasiswa tersebut datang dari luar daerah bahkan luar negeri.

Kehadiran mereka secara tak langsung berefek pada menjamurnya bangunan yang dijadikan kos-kosan untuk tempat tinggalnya. Akhirnya, daerah yang berlokasi tak jauh dari area sekolah maupun perguruan tinggi menjadi lokasi padat kos-kosan.

Ruangan yang disewakan pun tak jarang hanya memiliki luas seadanya (baca: sempit), dan bahkan tanpa jendela akibat adanya maksimalisasi bangunan. Kamar tanpa jendela yang dimaksud adalah ruangan dengan jendela kecil, atau hanya difasilitasi sebuah ventilasi, tanpa adanya cahaya matahari yang masuk ke dalam kamar.

Kondisi ini tak jarang membuat kamar kos-kosan yang disewakan menjadi pengap dan tak menarik untuk ditinggali. Nah, berikut sederetan trik yang bisa kamu gunakan untuk menata kamar minim jendela, agar terlihat lebih segar dan indah.

1. Penerangan
Kamar yang tak mendapatkan cahaya matahari langsung, biasanya hanya mengandalkan lampu kamar sebagai penerangan. Nah, untuk memaksimalkan fungsi penerangan utama kamar ini, kamu bisa menggunakan trik penggunaan cahaya buatan. Kamu bisa menambahkan lampu dinding atau lampu meja untuk memberikan kesan cahaya alami dalam ruangan.

2. Jendela buatan
Jika kamarmu tak memiliki jendela, kamu bisa berkreasi dengan memasang hiasan menyerupai jendela di dinding. Kamu bisa membuatnya dari bingkai yang menyerupai jendela dengan memasang gambar pemandangan yang bagus di dalamnya.

3. Memilih warna dinding
Trik lain yang bisa kamu gunakan untuk membuat kamar tanpa cahaya alami milikmu lebih sejuk adalah dengan memilih warna dinding yang tepat. Menggunakan warna hijau atau biru cerah akan terlihat menarik, terutama bagi kamar dengan ukuran yang sempit.

4. Aliran udara
Kamar minim jendela, atau tanpa pencahayaan alami juga berefek pada kamar yang pengap. Untuk mengatasi masalah yang satu ini, kamu bisa menggunakan kipas angin, maupun Air Conditioning (AC) untuk menjaga aliran udara.

5. Tanaman dalam pot
Sederhana namun efektif, meletakkan sebuah pot tanaman atau bunga dalam kamar akan membuat ruangan terasa lebih hidup dan segar. Trik ini akan membawa nuansa alami masuk ke dalam ruangan.

Trik yang sangat mudah dan sederhana untuk dilakukan, bukan? Selamat mencoba.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Tips
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA