1. MALANG
  2. PARIWISATA

Menyusuri eloknya Pantai Tamban, Malang

Pantai ini tawarkan berbagai kenyamanan wisata buat kamu para pecinta wisata alam. Coba yuk!

©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Jum'at, 13 Mei 2016 18:36

Merdeka.com, Malang - Satu lagi keindahan pantai di malang yang patut untuk kamu nikmati. Pantai Tamban terletak di desa Tambakrejo kecamatan Sumbermanjingwetan, Kabupaten Malang. Lokasi Pantai Tamban tak jauh dari Pantai Sendang Biru. Harga tiket masuknya juga terbilang sangat murah. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 6.000 untuk menikmati keindahan Pantai Tamban.

Mengintip sejarah Pantai Tamban
Terkait dengan nama pantai, penamaan Tamban untuk pantai ini tidaklah sembarangan. Ada sebuah mitos yang beredar bahwa air laut Pantai Tamban pernah digunakan sebagai obat. Cerita tersebut bermula dari perjalanan tiga orang kyai yang membuka lahan baru untuk tinggal di sekitar hutan dekat Pantai Tamban.

Saat sedang membabat hutan, ketiga kyai tersebut mengalami rasa haus yang parah hingga jatuh sakit. pasalnya, mereka sangat kesulitan untuk mendapatkan air tawar. Karena terpaksa, akhirnya ketiga kyai tersebut meminum air laut.

Anehnya, air laut tersebut tidak terasa asin sama sekali di lidah ketiga Kyai tersebut. Bahkan air laut tersebut membuat mereka merasa sehat. Berdasarkan kisah tersebut akhirnya pantai tempat ketiga Kyai tersebut minum dinamakan sebagai tamban. Tamban adalah istilah dalam bahasa Jawa yang berarti obat.

Keindahan Pantai Tamban
Berbicara mengenai keindahan, Pantai Tamban tak kalah indah dengan pantai yang menjadi tetangganya, Pantai Sendang Biru. Meskipun masih tergolong sepi, pantai ini menyuguhkan hamparan pasir putih, serta laut lepas pantai selatan . Tak hanya itu, disekitar pantai kamu bisa menemukan lokasi snorkling.

Pantai Tamban
©instagram.com/whiempy/instagram.com/whiempy

Menengok ke arah Timur pantai, kamu akan menemukan sebuah muara dengan air yang cukup jernih. Orang-orang disekitar menyebut muara tersebut dengan nama Kedung Ijo.

Tak jauh dari Kedung Ijo, kamu akan menemukan sebuah tebing yang bisa kamu gunakan sebagai lokasi memancing. Disebelah utara Kedung Ijo, kamu juga akan menemukan lokasi sejenis kolam besar yang bisa kamu gunakan untuk berenang atau hanya sekedar bermain air.

Rute menuju Pantai Tamban dari Kota Malang
Jika berangkat menuju Pantai Tamban dari arah Kota Malang, maka jalur yang harus kamu lewati antara lain Kota Malang – Pakishaji – Kepanjen – Gondang Legi – Turen – Sumbermanjing Wetan – Tambakrejo – Pantai Tamban. Rute yang harus ditempuh juga terbilang mudah, meskipun di beberapa titik kamu akan menemukan beberapa titik dengan jalan menanjak.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Wisata Alam
  2. Wisata Murah
  3. Zona Turis
  4. pantai
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA