1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Rayakan Bulan Bakti, IIDI Cabang Malang Ingatkan Masyarakat Bahaya Stunting

Pada bulan bakti IIDI yang diselenggarakan pada Oktober 2019 ini, IIDI cabang Malang melaksanakan penyuluhan gizi di Posyandu Mawar.

Peringatan Bulan Bakti IIDI 2019 di Kota Malang. ©2019 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Rabu, 02 Oktober 2019 09:16

Merdeka.com, Malang - Permasalahan gizi pada anak-anak merupakan salah satu masalah yang harus diperhatikan oleh orangtua. Hal itu pula yang menjadi perhatian bagi Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) cabang Malang.

Pada bulan bakti IIDI yang diselenggarakan pada Oktober 2019 ini, IIDI cabang Malang melaksanakan serangkaian acara. Salah satunya adalah penyuluhan kesehatan dan gizi di Posyandu Mawar, Kelurahan Arjosari, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Selasa (1/10).

Pelaksanaan bulan bakti IIDI ini dilaksanakan pada bulan yang sama di seluruh Indonesia. Di Malang, bakti sosial dilaksanakan pada Posyandu Mawar serta pada SMPN 27 Malang.

"Bakti sosial dilaksanakan di Posyandu dan di sekolahan di SMP atau SMA. Hari ini bakti sosial di Posyandu Mawar Arjosari," jelas Dra. Mufidah Budi Siswanto, Ketua IIDI cabang Malang.

 

Pada acara yang diselenggarakan di Posyandu Mawar ini, selain penyuluhan gizi, terdapat rangkaian acara lain yang juga dilaksanakan. Terdapat pengecekan kesehatan, pemeriksaan darah untuk ibu, pengukuran dan penimbangan bayi, serta pembagian bibit tanaman.

Kegiatan yang dilakukan pada bulan bakti IIDI 2019 ini disebut dilakukan secara sama pada sejumlah daerah di Indonesia. Bulan Bakti IIDI sendiri sebenarnya dirayakan setiap bulan April, hanya saja pada tahun ini terjadi sedikit perubahan.

"Sebenarnya bulan bakti istri dokter indonesia dilaksanakan pada bulan april, karena ada pemilu jadi diundur oktober 2019," terang Dra. Mufidah Budi Siswanto.

Pada cara ini, masyarakat disadarkan bahaya stunting yang bisa terjadi pada bayi. Penyuluhan ini dilakukan oleh Meiriza Putri Prahastuti, ahli gizi anak dari Rumah Sakit Saiful Anwar Malang. Pada penyuluhan tersebut, para orangtua diajarkan mengenai pentingnya pemenuhan gizi yang tepat dan seimbang pada anak.

Para masyarakat yang mengikuti acara tersebut juga diberi sejumlah selebaran mengenai cara memenuhi kebutuhan gizi pada anak serta makanan bergizi. Kegiatan selanjutnya dari bulan bakti IIDI ini bakal dilaksanakan di SMPN 27 Malang pada 15 Oktober mendatang.

PILIHAN EDITOR

 

(RWP)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA