1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Penjualan hewan kurban di Malang menurun

Tahun inim, penjualan hewan kurban dianggap menurun dibanding biasanya. Salah satu pemicunya adalah jarak dengan tahun ajaran baru yang dekat.

©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Minggu, 11 September 2016 13:56

Merdeka.com, Malang - Kurang satu hari menjelang hari raya Idul Adha, namun masih banyak pedagang hewan kurban yang dagangannya baru terjual sedikit. Hal itu lah yang dikeluhkan oleh beberapa pedagang kambing di wilayah Malang.

Penjualan hewan kurban tahun ini dianggap tidak seramai tahun lalu. Bahkan salah satu pedagang di wilayah jalan Langsep mengungkapkan bahwa hingga minggu (11/9), dagangannya belum sampai separuh yang laku.

"Saya bawa kambing 75, namun sampai sekarang yang laku baru 25 ekor," ujar Rosi saat ditemui Merdeka.com.

Jumlah 75 kambing yang dibawa oleh Rosi itu sudah terhitung menurun dibanding tahun lalu. Pada tahun lalu dia berhasil membawa dan menjual 100 ekor kambing. Rentang harga kambing yang dibawa oleh Rosi berada ri Angka Rp. 1,8 juta - Rp. 3,5 juta.

Rosi mengatakan sebenarnya peluang untuk mendapat hasil yang lebih baik di tahun ini cukup besar karena berkurangnya saingan sebab terbatasnya lahan. Namun ternyata pasar pembelian pada tahun ini juga sepi sehingga hasil yang didapatnya tidak sebesar tahun lalu.

Pada beberapa pedagang lain, penurunan memang cukup mereka rasakan walaupun tidak sedrastis yang terjadi pada Rosi. Contohnya adalah Mulyono yang berjualan di wilayah Sawojajar, hingga saat ini dari 80 kambing yang dia bawa, tinggal tersisa 15. Walaupun begitu, jumlah itu tetap menurun dibanding tahun lalu.

"Tahun lalu saya bisa laku 100 kambing dan 40 sapi, namun tahun ini saya hanya bawa 80 kambing dan 30 sapi saja," ujar Mulyono.

Salah satu hal yang menjadi pemicu turunnya jumlah penjualan ini adalah karena perayaan Idul Adha yang jaraknya cukup dekat dengan tahun ajaran baru.

"Penjualan yang turun tahun ini sepertinya karena jarak Idul Adha yang terlalu dekat dengan masuknya anak sekolah," ujar Rosi.

Walau hingga saat ini penjualan terlihat tidak seramai tahun lalu, namun para penjual itu tetap optimis bahwa di sisa satu hari ini hewan dagangan mereka dapat laku terjual.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Event
  2. Info Kota
  3. Idul Adha 2016
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA