1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Begini ciri-ciri kambing kurban yang bagus

Tiga hal ini harus diperhatikan ketika membeli kambing untuk kurban.

©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Minggu, 11 September 2016 16:16

Merdeka.com, Malang - Menjelang hari raya Idul Adha seperti saat ini, banyak penjual kambing yang menjajakan dagangan mereka di pinggir-pinggir jalan. Ketika memilih kambing untuk dikurbankan, tentu kita harus berhati-hati untuk menjamin bahwa hewan yang kita pilih tersebut benar-benar dalam kondisi bagus untuk dikurbankan.

Untuk menentukan kriteria kambing yang bagus dan cocok untuk berkurban ini, Merdeka.com bertanya pada beberapa penjual kambing di wilayah sekitar Malang dan ini lah ciri-ciri dari kambing kurban yang bagus:

1. Sudah berusia lebih dari satu tahun

Kambing yang hendak dikurbankan di hari raya Idul Adha memiliki batasan usia yang jelas. Untuk menentukan usia dari kambing ini, Mistar salah satu penjual kambing di daerah Ngaglik memberi saran untuk melihat giginya. Kambing yang sudah cukup umur akan memiliki gigi susu yang sudah tanggal dan digantikan gigi tetap atau dalam bahasa Jawa biasa disebut sudah 'poel'.

2. Memiliki tanduk yang utuh

Pada kambing, salah satu tanda-tanda kambing yang baik ini adalah memiliki tanduk yang masih utuh. Cacat atau rusak pada tanduk kambing ini bisa membuatnya tidak cocok untuk dikurbankan sehingga pastikan memeriksa kepala kambing sebelum membelinya.

3. Dalam kondisi sehat

Hal lain yang paling penting ketika memilih kambing kurban adalah melihat kondisi kesehatannya. Pastikan kambing tersebut berada dalam kondisi sehat yang dapat dibuktikan dengan postur tubuh dan cara jalan yang normal serta apakah kambing dalam keadaan pilek atau tidak.

Itu lah tiga hal yang harus diperhatikan untuk memilih seekor kambing kurban yang bagus.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Info Kota
  2. Tips
  3. Idul Adha 2016
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA