1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Menengok perayaan Hari Kesaktian Pancasila di Kota Malang

Menengok kegiatan kota Malang saat peringati Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2016.

Istimewa. ©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Sabtu, 01 Oktober 2016 14:17

Merdeka.com, Malang - Memperingati Hari Kesaktian Pancasila, pemerintah kota Malang menggelar upacara di halaman Balaikota Malang, Sabtu (1/10). Peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini mengusung tema “Kerja Nyata Untuk Kemajuan Bangsa Sebagai Wujud Pengamalan Pancasila”.

Tak sekedar upacara, dalam kesempatan yang sama, pemerintah kota Malang pun menyerahkan sepuluh penghargaan kepada pihak yang telah mengukir prestasi bagi kota Malang.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila merupakan simbol dari upaya yang dilakukan bangsa Indonesia untuk menghadapi percobaan penghianatan atau ancaman terhadap Pancasila.

Menengok upacara peringatan, halaman Balaikota Malang dipenuhi sekitar 28 peleton dan kurang lebih 900 orang. Masing-masing terdiri dari TNI, Polri, Saptol PP, Dishub, Kopri, Pamwil-Bakesbangpol, TRC-BPBD, Limnas, Tagana-Dinas Sosial, Pemuda Pancasila, FKPPI, Banser, Pelajar SMA/SMK dan Pramuka.

Walikota Malang, H. Mochammad Anton selaku Inspektur Upacara menyampaikan bahwa sebagai generasi penerus bangsa, masyarakat harus membulatkan tekad untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan demikian negara akan tetap kokoh dan berlandaskan Pancasila, serta terus mengisi pembangunan dengan menjadi bangsa yang bermartabat.

Kesaktian Pancasila telah membuktikan diri menjadi bagian dari kekuatan pertahanan kemerdekaan negara. Sejak proklamasi dikumandangkan, Indonesia menuai banyak rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Rongrongan tersebut dimungkinkan karena adanya kelengahan, kekurangan kewaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi Negara.

Namun, semangat kebersamaan yang di landasi nilai-nilai luhur ideologi Pancasila Bangsa Indonesia tetap memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila kota Malang
© 2016 merdeka.com/Istimewa

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila disambut dengan penyerahan beberapa penghargaan tingkat nasional, propinsi dan tingkat kota kepada beberapa pihak atas prestasi yang diraihnya. Beberapa pihak yang mendapatkan penghargaan tersebut antara lain :

  1. Sanggar Marlubu, Juara II Lomba Keroncong Tingkat Nasional.
  2. Sanggar GNARO Ngalam, sebagai 10 penyaji terbaik dalam Lomba Jatim Night Specta Carnival
  3. Hotel Aria Gajayana, Juara Harapan I Festival makanan khas Jawa Timur 2016
  4. PDAM Kota Malang, Juara I Festival Kendaraan Hias Kota Malang 2016
  5. Kelurahan Madyopuro, Juara II Festival Kendaraan Hias Kota Malang 2016
  6. DPU PPB, Juara III Festival Kendaraan Hias Kota Malang 2016
  7. ITN Malang, Juara harapan I Festival Kendaraan Hias Kota Malang 2016
  8. Kelurahan Dinoyo, Juara harapan II Festival Kendaraan Hias Kota Malang 2016
  9. Dispenduk Capil, Juara harapan III Festival Kendaraan Hias Kota Malang 2016
  10. BKBPM, Juara favorit Festival Kendaraan Hias Kota Malang 2016.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Abah Anton
  2. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA