1. MALANG
  2. KULINER

Soto Rampal, depot legendaris sejak 1957

Depot Soto Rampal yang berdiri sejak 1957 merupakan salah satu warung legendaris yang tetap menjadi favorit warga Malang hingga saat ini.

yudhanegara.blogspot.com. ©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Rabu, 15 Juni 2016 14:49

Merdeka.com, Malang - Soto merupakan salah satu makanan lezat dengan varian yang sangat beragam di seluruh Nusantara. Makanan lezat berkuah ini memiliki varian dan isian yang berbeda-beda tergantung daerahnya. Dengan beragamnya jenis yang ada, menandakan bahwa makanan ini merupakan favorit bagi masyarakat. Di kota Malang sendiri ada sebuah warung soto legendaris yang mampu bertahan lama dan memiliki penggemar dari berbagai generasi.

Terletak di jalan Panglima Sudirman nomor 71A kota Malang, Warung Soto Rampal merupakan salah satu warung soto paling terkenal di Malang. Olahan soto dagingnya yang begitu khas dengan kuah yang sangat penuh dengan citarasa daging sapi namun ajaibnya tetap bening. Selain itu daging yang disajikan dari soto ini juga begitu lembut dan sangat mantab berpadu dengan tauge, nasi putih, dan kuah soto.

Berdiri sejak tahun 1957, dana soto rampal sendiri berasal dari daerah warung ini yang berada sangat dekat dengan lapangan rampal. Rasa yang begitu lezat dan begitu terjaga membuat warung ini memiliki banyak penggemar, bahkan dalam foto yang ditempel di dinding warung, tampak beberapa kali mantan Presiden SBY berkunjung ke warung ini.

Salah satu resep rahasia dari rasa yang lezat di soto Rampal adalah bumbu dan cara memasaknya. Bumbu khas soto Rampal memang diwariskan secara turun temurun. Selain itu cara memasak yang masih menggunakan kayu bakar membuat rasa yang cukup berbeda dari soto serta aroma yang terasa lebih sedap.

Untuk pendamping menikmati semangkuk soto, ada berbagai pilihan lauk yang juga sangat lezat. Yang paling terkenal adalah babat rawis yang rasanya sangat manis, empuk dan sudah dipotong kecil-kecil sehingga mudah untuk dimakan. Ada juga empal dan usus yang cocok disajikan bersama dengan soto di dalam mangkuk. Jika ingin yang sedikit kering dan renyah, ada paru goreng yang dapat menjadi pilihan.

Selain soto daging, terdapat berbagai menu lain seperti nasi rawon, nasi campur, nasi lodeh, serta berbagai jajanan lawas yang rasanya sangat lezat sebagai kudapan. Biasanya kue-kue ini sudah tandas ketika jam sudah sedikit siang. Namun jika datang di pagi hari, siap-siap juga untuk mengantre karena warung ini selalu ramai di pagi hari.

Depot Soto Rampal terletak di jalan Panglima Sudirman Nomor 71A Malang, lokasinya cukup mudah ditemukan karena berada tepat sebelum lampu merah perempatan rampal dari arah selatan. Setiap hari depot soto ini buka mulai pukul 07.00 hingga 14.00 WIB.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Kuliner
  2. Makanan Tradisional
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA