1. MALANG
  2. KABAR MALANG

6 Tahun berjalan, Bina Desa bantu mengentaskan desa tertinggal

Bupati Malang, Rendra Kresna sebut program Bina Desa di kabupaten Malang memberikan hasil memuaskan,khususnya terkait pengentasan desa tertinggal

Ilustrasi desa tertinggal. ©2017 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Jum'at, 21 April 2017 10:18

Merdeka.com, Malang - Bupati Malang, Rendra Kresna sebut program Bina Desa di kabupaten Malang memberikan hasil memuaskan, khususnya terkait pengentasan desa tertinggal. Hal ini disampaikannya dalam dialog langsung bersama masyarakat desa Bantur, kecamatan Bantur, kabupaten Malang, Rabu (19/04) malam.

Kegiatan ini merupakan rangkaian program Bina Desa putaran ke-3, tahun 2017. Berupaya mendekatkan diri dengan masyarakat, Rendra bersama pejabat lainnya menginap di rumah warga. Mengingat, kegiatan tersebut bakal dihelat selama 2 hari 1 malam. Selanjutnya, Rendra diagendakan akan meninjau pelaksanaan bedah rumah dan pelayanan langsung kepada warga.

Dalam sambutannya, Rendra menyampaikan bahwa kegiatan Bina Desa di Bantur itu merupakan pelaksanaan kali ke-3 di tahun 2017 ini. Berturut-turut, Bina Desa Kabupaten Malang dilaksanakan di desa Poncokusumo, desa Pujon Kidul, dan desa Bantur.

Program Bina Desa sendiri sudah dilaksanakan sejak 6 tahun terakhir. Sebelumnya, Bina Desa dikemas dengan nama lain, yakni sosialisasi visi dan misi. Hingga akhirnya ditindaklanjuti dengan program Bina Desa.

Rendra menuturkan, dampak positif Bina Desa sangat terasa, khususnya terkait pengentasan desa tertinggal. Data menunjukkan, jumlah desa tertinggal selama tujuh tahun terakhir mengalami penurunan drastis.

Tahun 2010, jumlah desa tertinggal di kabupaten Malang tercatat ada 117 desa. Tahun 2015, jumlah tersebut mengalami penurunan drastis, yakni tercatat hanya 11 desa yang tersisa. Penurunan juga terjadi pada tahun berikutnya, yakni hanya ada 1 desa tertinggal.

"Tahun 2015 desa tertinggal berkurang menjadi 11 desa dan di tahun 2016 menjadi 1 desa tertinggal. Inilah salah satu keberhasilan dari program Bina Desa," papar Rendra.

Rendra menilai, program pembangunan dari pemerintah ini merupakan satu kesatuan yang utuh dan kata kunci dalam membangun adalah kebersamaan. Ia menekankan, masyarakat Bantur harus bersama dan gotong-royong dalam membangun daerah.

"Terkait pembangunan seperti jalan yang rusak, kemarin kita jaga bersama-sama agar supaya pembangunan seperti jalan bisa awet dan tidak gampang rusak," tandasnya.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Sosial
  2. Kabupaten Malang
  3. Rendra Kresna
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA