1. MALANG
  2. GAYA HIDUP

Sebelum beli, kenali usia kambing kurban dari kondisi gigi

Agar tak salah pilih, kenali usia kambing kurban berdasarkan pertumbuhan giginya, di sini!

©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Kamis, 08 September 2016 19:07

Merdeka.com, Malang - Menjelang perayaan hari raya Idul Adha, penjualan hewan kurban mulai meramaikan pinggir jalan Kota Malang. Sejumlah hewan ternak yang didominasi kambing mulai ditawarkan para penjualnya.

Terkait dengan kambing kurban, usia merupakan salah satu hal penting yang harus kamu perhatikan. Sebelum membeli, ada baiknya kamu lebih teliti dengan usia kambing yang dapat dideteksi melalui pertumbuhan gigi. Mengingat, usia kambing merupakan salah satu syarat sah untuk melakukan kurban.

Secara khusus, delapan gigi di rahang depan bawah kambing dapat menunjukkan usianya. Banyak faktor yang memengaruhi pertumbuhan gigi kambing, sehingga deteksi melalui jumlah gigi bukanlah indikasi yang sempurna. Meskipun begitu, deteksi usia kambing berdasarkan jumlah gigi akan memudahkan kamu untuk lebih berhati-hati dalam memilih kambing kurban yang tepat.

Tahun Pertama (usia kurang dari satu tahun)
Semua gigi kecil dan tajam. Secara bertahap, gigi tersebut akan digantikan dengan gigi permanen yang lebih besar. Proses ini digunakan untuk membantu menentukan usia kambing.

Ilustrasi Gigi Kambing
© sa-boergoats.com/sa-boergoats.com

 

Tahun Kedua (Usia lebih dari satu tahun)
Kambing mulai kehilangan dua gigi depan bagian tengah saat menginjak usia 12 bulan. Ini merupakan proses pergantian menuju gigi permanen yang lebih besar.

Tahun Ketiga (Usia 2-3 tahun)
Menjelang usia 24 bulan, gigi yang berada di sebelah gigi depan bagian tengah akan berganti menjadi gigi permanen.

Tahun Keempat (usia 4 tahun)
Kambing memiliki enam gigi permanen dengan sepasang gigi susu (tak permanen) yang tersisa.

Tahun Kelima (Usia di atas 4 tahun)
Pertumbuhan kedelapan gigi kambing telah selesai. Kambing yang melampaui usia 5 tahun dapat ditebak dari jumlah gigi yang rusak. Namun, kondisi yang satu ini cukup bervariasi antara kambing satu dan lainnya.

PILIHAN EDITOR

 

 

 

(SR)
  1. Bisnis
  2. Tips
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA