1. MALANG
  2. KULINER

Terlihat serupa, ini perbedaan es krim, gelato dan sorbet

Jangan keliru, ini beda es krim, gelato dan sorbet yang menarik untuk di simak!

© tsgcookin.com. ©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Selasa, 20 September 2016 16:19

Merdeka.com, Malang - Es krim, gelato dan sorbet merupakan hidangan penutup yang terbilang populer, termasuk di Malang. Bagi pecinta kuliner yang masih awam dengan tiga jenis hidangan penutup ini, tentu akan sedikit kebingungan untuk membedakannya, mengingat penampilan ketiganya yang serupa. Nah, agar tak bingung, berikut merupakan perbedaan umum dari es krim, gelato, dan sorbet.

Es Krim
Dilihat dari segi pengolahannya, es krim merupakan makanan semi padat yang dibuat dengan membekukan campuran susu, lemak hewani atau nabati, gula dan bahan lainnya (seperti perasa buah).

Umumnya, es krim terbuat dari 10 -16% lemak susu (milkfat), 9-12% padatan susu bukan lemak (milk solids-non-fat,MSNF), 12-16% pemanis, 0,2-0,5% penstabil (stabilizer) dan pengemulsi(emulsifier), serta 55-64% air.

Beda es krim, gelato, dan sorbet
© www.youtube.com/www.youtube.com

 

Bahan-bahan tersebut kemudian dikocok hingga mengembang. Proses pengocokan terebut menyebabkan setengah dari es krim yang telah dibekukan mengandung gelembung udara. Proses pembekuannya yang mencapai minus 18-20 derajat celcius menyebabkan es krim mudah cair pada suhu normal. Keunggulannya, meskipun disimpan dalam waktu yang lama tak akan mengubah cita rasa es krim.

Gelato
Gelato berasal dari bahasa Italia yang berarti es krim. Gelato merupakan sejenis makanan penutup bagi masyarakat Italia. Secara tradisional, gelato dibuat dengan susu tanpa menambahkan krim. Selain susu, pembuatan gelato juga menggunakan air, gula, dan buah segar.

Beda es krim, gelato, dan sorbet
© www.walksofitaly.com/www.walksofitaly.com

 

Karena susu tak mengembang dengan baik seperti krim, gelembung udara dalam gelato relatif sedikit. Hal ini pulalah yang menyebabkan tekstur gelato lebih padat dan mulus dibanding es krim.

Penggunaan bahan yang segar pun membuat gelato hanya mampu bertahan dalam hitungan hari. Keunggulannya, saat disantap gelati tak mudah meleleh. karena proses pembekuan gelato hanya membutuhkan suhu minus 10-15 derajat celsius.

Sorbet
Perbedaan utama sorbet dari es krim maupun gelato terletak pada bahannya yang tak menggunakan krim maupun susu. Sederhananya, sorbet merupakan gelato yang tak menggunakan susu.

Beda es krim, gelato, dan sorbet
© tsgcookin.com/tsgcookin.com

 

Sorbet hanya menggunakan buah dan air sebagai bahan utamanya. Sorbet dengan kandungan buah yang lebih banyak dibandingkan air, akan menghasilkan tekstur yang lembut, meskipun tak selembut es krim maupun gelato.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Kuliner
  2. Tips
  3. Unik
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA