1. MALANG
  2. KULINER

Sajian soto kampung khas Malang di Soto Lombok

Soto Lombok merupakan salah satu soto legendaris di Malang dengan banyak cabang dan rasa yang masih tetap bertahan puluhan tahun.

©id.openrice.com. ©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Selasa, 05 Juli 2016 02:59

Merdeka.com, Malang - Soto Lombok barangkali merupakan salah satu warung soto paling terkenal di kota Malang. Nama lombok yang melekat pada soto kampung khas Malang ini sering dianggap banyak orang unik dan berhubungan dengan rasanya yang pedas, padahal nama Lombok itu melekat semata karena lokasinya yang memang di jalan Lombok.

walaupun saat ini warung ini memang berada di jalan Sulawesi namun pada awal berjualan dulu, soto ini memulainya dari jalan Lombok. Tidak usah jauh-jauh untuk mencari lokasi warung di jalan lombok tersebut, lokasinya terletak persis di seberang warung jalan Sulawesi ini dan hanya terpisahkan jalan saja sehingga tetap jadi satu warung dengan lokasi yang dekat.

Warung ini juga tergolong cukup legendaris karena telah berdiri sejak tahun 1955. Bisa dikatakan warung ini merupakan salah satu pelopor dan penjaga cita rasa dari soto ayam khas Malang dengan isian dan kuah yang cukup berisi jika dibandingkan dengan soto lainnya.

Di wilayah Malang sendiri, soto ini memiliki banyak cabang seperti di daerah Tlogomas, Tawangmangu, Lawang, Singosari, Purwosari dan bahkan hingga di Gempol dan Surabaya. Terdapat juga sebuah cabang yang jaraknya sangat dekat yaitu berada di jalan Kalimantan, tepat di samping Rumah Sakit Islam Aisyiyah. Rasa yang sangat khas dari soto ini membuatnya sangat disukai dan selalu ramai terutama pada hari-hari libur.

Soto ini cukup berbeda dari jenis-jenis soto lain karena komposisi dari semangkuk isinya. Semangkuk soto Lombok terdiri dari telur rebus, irisan kol, tauge, kentang, dan daging ayam kampung. Yang unik adalah kuahnya yang cukup kental dengan taburan koyah yang menambah rasa sedapnya. Jenis soto seperti ini dikenal sebagai soto kampung khas malang yang memiliki cita rasa unik.

Sebagai pendamping makan soto, hal lain yang sangat khas di warung soto lombok ini adalah krupuk yang disajikan. Krupuk di Soto Lombok selalu diletakkan pada sebuah toples kaca ukuran besar. Ukuran kerupuknya juga tergolong besar dan bisa dimakan beramai-ramai. Jenis krupuk juga bermacam mulai dari krupuk ikan hingga krupuk rambak.

Hadirnya krupuk sebagai pendamping soto ini merupakan salah satu hal yang sangat khas di warung ini. Selain karena rasanya yang sangat lezat dan khas, warung ini juga memiliki jam buka yang sangat panjang setiap harinya yaitu mulai dari pukul 06.00 sampai pukul 01.00 dini hari.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Makanan Khas Malang
  2. Kuliner
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA