1. MALANG
  2. GAYA HIDUP

Suka nongkrong di kafe? Ini 7 fakta unik seputar kopi

Penemu biji kopi pertama kali ternyata seekor kambing. Yuk, temukan fakta unik seputar kopi lainnya di sini!

© vrmshoppe.com. ©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Kamis, 15 September 2016 17:37

Merdeka.com, Malang - Hobi kawula muda menghabiskan waktu sambil berkongko, setidaknya menjadi salah satu pendukung menjamurnya kafe di Malang. Sederetan kreasi olahan kopi yang unik dan menggiurkan pun bermunculan untuk menarik kehadiran mereka di kafe-kafe tersebut.

Kopi, kemudian menjadi pemeran utama yang menjadi menu primadona para pelanggan yang datang. Mengenal dan sering mengonsumsi, tak membuat kamu begitu saja paham tentang kopi.

Di balik rasanya yang membuat ketagihan, kopi yang pun terkenal dengan kandungan kafeinnya yang tinggi ini, ternyata menyimpan sederetan fakta unik yang layak untuk disimak.

Salah satunya, biji kopi ternyata pertama kali ditemukan oleh kambing. Hewan pemamah biak yang satu ini mengunyah buah kopi yang disangka sebagai buah beri merah.

Penasaran dengan fakta unik lainnya? Dilansir dari merdeka.com, berikut 7 fakta tentang kopi yang menarik untuk di simak!

  • Mencegah serangan jantung

Tertulis dalam jurnal penelitian Circulation, secangkir kopi sehari secara rutin mengurangi risiko serangan jantung. Selain itu, mampu mengurangi risiko kanker usus besar dan risiko kematian dini.

  • Meningkatkan gairah seksual wanita

Tak hanya sehat bagi jantung, secangkir kopi sehari secara rutin membantu meningkatkan gairah seksual wanita.

  • Mengusir nyeri bahu

Selama dikonsumsi secara wajar alias tak berlebihan, kopi bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit di leher dan nyeri di bahu.

  • Bikin mata melek

Layaknya rumor yang beredar, kopi memang sukses bikin kamu melek alias begadang, terutama jika dikonsumsi enam jam sebelum tidur. Penelitian yang dilakukan tahun 2015 menunjukkan bahwa konsumsi kopi pada malam hari dapat membingungkan jam internal tubuh.

  • Membahayakan nyawa

Mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat menjadi pembunuh tak terduga. Saat dikonsumsi secara berlebihan, kafein akan memaksa hormon adrenal ubekerja terus-menerus dan membuat jantung lelah.

  • Antioksidan bikin kopi jadi pahit

Kafein dalam kopi tak membuat kopi jadi pahit. Rasa pahit tersebut ternyata muncul dari zat antioksidan yang terkandung dalam kopi.

  • Kopi hangus kandung banyak kafein

Rasa kopi tergantung pada proses roasting dan brewing lantaran kandungan minyak yang dihasilkan. Semakin banyak minyak yang dihasilkan akan menguatkan rasa biji kopi. Uniknya, kopi dengan warna lebih hitam alias hangus menghasilkan lebih banyak kafein.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Kuliner
  2. Kafe
  3. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA