1. MALANG
  2. GAYA HIDUP

Hal-hal konyol yang biasa dilakukan anak kecil ketika berpuasa

Anak-anak selalu memiliki tingkah konyol dan nakal ketika menjalankan puasa di bulan ramadan.

© 2016 merdeka.com/ Arie Basuki. ©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Jum'at, 10 Juni 2016 03:30

Merdeka.com, Malang - Puasa di bulan ramadan merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan bagi umat muslim. Namun bagi beberapa orang terutama anak-anak yang membiasakan diri untuk berpuasa, hal tersebut tidaklah mudah. Aktivitas anak-anak yang cukup tinggi sering kali membuat mereka sangat mudah haus dan lapar terutama di siang hari.

Memang beberapa anak dapat melewati puasa dengan lancar dan mengatasi kondisi lapar dan haus yang melanda tersebut. Namun beberapa biasanya sudah tidak tahan dengan haus dan lapar yang dialami sehingga akhirnya melakukan beberapa tingkah konyol. Berikut beberapa hal konyol yang biasa dilakukan oleh anak kecil ketika berpuasa.

1. Bermain air
Cuaca di siang hari yang terik serta aktivitas yang biasa dilakukan oleh anak-anak biasanya membuatnya sangat mudah haus. Untuk membuat kepala mereka menjadi lebih dingin, banyak anak biasanya sering melakukan cuci muka, membasahi rambut atau bahkan mandi di siang hari. Jika sudah tidak tahan biasanya mereka dapat melakukan hal ini berkali-kali sampai merasa segar.

2. Kumur-kumur atau sikat gigi ketika haus
Ketika cuci muka, membasahi rambut atau bahkan mandi sudah tidak cukup untuk menyurutkan rasa haus yang melanda, aksi berikutnya adalah dengan berkumur atau sikat gigi di siang hari. Tindakan ini memang tidak membatalkan puasa, namun untuk anak-anak aksi ini tergolong ekstrem dan menyerempet bahaya bagi puasa mereka karena kadang juga akan diwarnai dengan aksi semacam air yang pura-pura tertelan.

3. Tidur-tiduran di lantai
Aksi tidur-tiduran di lantai yang dilakukan oleh anak-anak biasanya bertujuan untuk membuat tubuh yang terasa kepanasan jadi lebih dingin. Dengan tidur-tiduran di lantai, mereka berharap tubuh akan menyerap dingin dari lantai. Namun kadang tindakan ini punya arti yang lain, kadang anak-anak ini seolah ingin menunjukkan pada orang tua bahwa mereka sudah tidak kuat berpuasa hingga tubuh mereka lemas dan hanya bisa tiduran di lantai.

4. Melihat orang yang sedang memasak
Ketika ibu di rumah mulai mempersiapkan makanan untuk berbuka, biasanya anak-anak akan menemani dan melihatnya di dapur. Tindakan menantang bahaya yang dilakukan oleh anak-anak ini biasanya bertujuan bahwa rasa lapar dan haus akan terasa sedikit reda dengan melihat makanan itu. Namun kadang ada juga yang melihat dengan tatapan mata sedih dan berharap bahwa mereka akan ditawari untuk mencicipi makanan tersebut. Tentu saja hal itu hanya ada dalam pikiran mereka saja karena nyatanya buka puasa masih lama.

5. Pura-pura sakit
Salah satu jurus yang sering dikeluarkan oleh anak-anak agar dapat tidak berpuasa adalah dengan berpura-pura sakit. Hal ini dilakukan dengan berbagai gaya mulai dari pura-pura muntah, bergaya lemas sepanjang hari, dan lain sebagainya. Tujuan dari aksi ini tentu hanya satu, yaitu agar mereka dibolehkan untuk membatalkan puasa mereka pada saat itu juga.

Itulah kenakalan dan tingkah konyol yang biasa dilakukan oleh anak kecil ketika menjalani puasa. Kamu sendiri pernah coba tingkah konyol yang mana?

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Seputar Ramadan
  2. Pernik ramadan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA