1. MALANG
  2. KULINER

Citarasa kacang pada bumbu Sate Ponorogo Pak Siboen

Sate Ponorogo Pak Siboen memiliki ciri khas yang berbeda dari sate lain di Malang bagi dari bumbu maupun daging ayam.

©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Kamis, 07 Juli 2016 00:13

Merdeka.com, Malang - Sate ayam Ponorogo merupakan salah satu varian yang cukup khas dan jadi favorit banyak orang. Daging yang berasal dari ayam kampung dengan potongan yang cenderung besar dan menyambung dalam satu tusuk membuat sate ini menjadi sangat khas. Belum lagi dengan bumbunya yang memiliki rasa kacang lebih melimpah dan berwarna lebih cerah dibanding sate lainnya.

Di kota Malang sendiri, terdapat sebuah warung sate ponorogo yang cukup terkenal dan selalu ramai dikunjungi pembeli. Warung legendaris tersebut adalah Sate Ayam Ponorogo pak Siboen cabang Kediri yang terletak di wilayah Kawi. Daerah ini sendiri merupakan salah satu sentra kuliner Malang yang telah berkembang sejak kisaran dekade 80-90an.

Secara penampilan, warung ini memang tampak kurang meyakinkan sebagai tempat dari salah satu sate ayam paling lezat yang ada di Malang. Namun menyangkut rasa sate dan bumbunya, kelezatannya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Daging dari sate ayam madura biasanya diambil dari daging dada ayam yang dipotong secara panjang dan melintang. Ketika dibakar, sate Ponorogo ini cenderung tidak dibiarkan terlalu lama hingga coklat kehitaman seperti sate Madura. warna daging ayam akan terlihat cukup cerah dan berwarna coklat muda. Cara membakar seperti ini membuat daging ayam matang namun tidak kehilangan kesegaran daging yang terkandung di dalamnya.

Sate Siboen
© belimakan.com/belimakan.com

Bumbu sate yang ada pun begitu berbeda dan menggoda. Warna bumbu ini cendrung coklat muda karena dominasi kacang yang digunakan. Namun jangan salah, rasa kecap manis yang lezat juga masih ada di dalam bumbu sate ini. sekilas jika dilihat warnanya, bumbu sate ini hampir serupa dengan bumbu gado-gado. Namun ketika dicicipi dengan setusuk sate maka mulut Anda akan langsung bergoyang dan percaya bahwa ini bumbu sate tulen.

Nama Siboen pada sate Ponorogo ini sendiri menandakan hubungan yang dimilikinya dengan sebuah warung sate Ponorogo legendaris yang terletak di Kediri. Soal rasa, sate Ponorogo yang terletak di Kawi ini memang tidak asal mencatut nama karena memang memiliki rasa yang lezat.

Sate Ponorogo ini paling sedap jika dinikmati dengan lontong dan irisan bawang merah dan sambal. Sate Ayam Ponorogo pak Siboen cabang Kediri ini sendiri terletak di jalan Kawi Atas nomor 27. Warung ini buka setiap hari mulai siang hingga malam. untuk mengenalinya cukup mudah karena di ruas jalan tersebut hanya ada satu penjual sate dan mudah dikenali melalui aroma dan kepulan asapnya.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Kuliner
  2. Makanan Tradisional
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA