1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Hari pertama sekolah, banyak orang tua ikuti imbauan menteri

Pada sejumlah sekolah di kota Malang tampak cukup banyak orang tua yang mendampingi anak mereka saat hari pertama sekolah.

© 2016 merdeka.com/Darmadi Sasongko. ©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Senin, 18 Juli 2016 15:42

Merdeka.com, Malang - Sambutan positif diberikan oleh para orang tua dan pihak sekolah terhadap imbauan yang diberikan Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen), Anies Baswedan. Hal itu terlihat dari banyaknya orang tua yang menyempatkan diri mengantarkan anaknya masuk sekolah di hari pertamanya.

Dilansir dari Merdeka.com, salah satu bukti dari hal tersebut terlihat di Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 8 KH Mas Mansyur Kota Malang. Di sekolah tersebut, para orang tua mendampingi anaknya dengan duduk di bagian belakang anak-anak yang tengah mengikuti proses belajar.

"Kami memiliki tradisi ini sekaligus mengikuti imbauan Menteri Pendidikan. Tidak hanya mengantarkan, tetapi mendampingi proses pendidikan di hari pertama," kata Nashirudin, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 8 di jalan Sumpil kota Malang, senin (18/7).

Khusus hari pertama, anak-anak mengikuti proses belajar dengan didampingi orang tua. Kegiatan belajar dilakukan di aula untuk memberi motivasi anak-anak sekaligus membangun komunikasi dengan para orang tua.

"Ada pesan yang disampaikan untuk anak-anak, juga pesan untuk orang tuanya," katanya.

Nashir menyatakan bahwa cara ini sekaligus digunakan untuk mengenalkan anak-anak dengan guru baru mereka serta membuat orang tua dapat memperoleh informasi mengenai kebijakan baru sekolah.

Salah satu wali murid kelas IV, Umi Qoidah mengatakan bahwa dia sengaja izin dari tempatnya bekerja untuk mendampingi putrinya. Pihak sekolah pun menyambut hangat kedatangan orang tua tersebut dengan berjajar menyambut mereka.

"Sekaligus ber-halal bi halal, dan mendengarkan informasi dari sekolah," katanya.

Umi menyebutkan beberapa pesan dari sekolah yang antara lain agar anak-anak tidak berkelahi, tidak mem-bully teman-temannya, patuh kepada orang tua dan lain-lain. Sekolah juga memiliki kebijakan baru untuk membawa buku cerita di hari-hari tertentu.

"Tadi banyak yang disampaikan, intinya orang tua juga harus mendukung dan ambil peran selama proses pendidikan," katanya.

Hari pertama sekolah sendiri dimanfaatkan oleh orang tua dan pihak sekolah untuk berlebaran dengan bersalam-salaman.

Sementara itu di beberapa sekolah lain tidak dipersiapkan acara secara khusus. Yoshi Irawan, Kepala Sekolah SD Insan Permata Kota Malang mengungkapkan, tidak menyiapkan acara secara khusus, tetapi memang memanfaatkan memberi motivasi belajar para siswa.

"Khusus TK dan PAUD, kita berikan bacaan kepada para orang tua," kata Yoshi.

Sebelumnya, Menteri Anis Baswedan mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2016 tentang Hari Pertama Sekolah. Para orang tua diimbau untuk mengantarkan anaknya ke sekolah. Menanggapi hal tersebut, berdasar pantauan Merdeka.com cukup banyak orang tua yang melakukan hal tersebut pada hari pertama sekolah.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Info Kota
  2. Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA